Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Ingin Sukses dalam Menabung? Ini Tipsnya (Bagian 2)

Topcareer.Id – Menetapkan tujuan tabungan yang spesifik, akan membantu kita untuk mulai menabung.

Tujuan tersebut sangatlah penting, karena ketika kita hanya memasukkan uang ke bank secara teratur, akan lebih mudah untuk menariknya karena berbagai alasan.

Kabar baiknya, tujuan dalam menabung tidak terbatas satu saja. Meski dalam perjalanannya kamu mungkin tetap harus fokus pada tujuan tertentu yang ingin kamu capai terlebih dahulu.

Lalu, bagaimana untuk efektif dalam menabung? Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Bagian akhir dari artikel. Baca artikel sebelumnya di sini.

Temukan Uang Tambahan dalam Anggaran Bulanan
Hitung semua tujuan tabungan bulanan kamu, menjadi satu jumlah yang utuh. Lalu, pikirkan bagaimana cara kamu untuk menemukan uang tersebut dan memasukkannya ke dalam anggaran bulanan kamu.

Jika, bisa, buatlah agar anggaran tersebut bisa tersalur secara otomatis, salah satunya dengan autodebit, sebelum kamu memiliki kesempatan untuk membelanjakan uang untuk hal lain.

Gunakan Alat Tabungan yang Tepat
Untuk bisa lancar melakukan poin di atas, kamu harus menemukan jenis rekening yang tepat, untuk tujuan tabungan kamu.

Sebagai contoh, kalau kamu ingin menabung lebih dari lima tahun, pertimbangkan reksa dana. Kamu mungkin juga ingin membuka rekening tabungan hasil tinggi, untuk mendapatkan lebih banyak bunga atas saldo tabungan kamu setiap bulan.

Namun, dalam melakukan ini, pastikan keamanannya, dan jadikan itu prioritas utama. Jangan mengambil risiko besar hanya karena iming-iming pengembalian uang yang besar.

Sesekali Lacak Tujuan Kamu
Jika kamu sedang berjuang menuju lebih dari satu tujuan tabungan, kamu mungkin akan memerlukan buku besar di rumah, untuk melacak sejauh mana tabungan kamu telah berkembang.

Ketika melihat tabunganmu tumbuh, kamu akan merasakan penghargaan diri sendiri, tentang kerja keras yang telah kamu lakukan sejauh ini. Melacak tabungan dan mengingat tujuan juga berguna untuk meningkatkan motivasi, terutama ketika kamu mengetahui jika kamu telah selangkah lebih dekat.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply