Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Tantangan Ketenagakerjaan yang Dihadapi Kemnaker

Topcareer.Id – Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi mengungkapkan, berbagai tantangan ketenagakerjaan yang ada saat ini harus dapat direspon dengan secepat-cepatnya.

“Kita ada di dalam titik waktu di mana saat ini ada transformasi yang sangat masif penggunaan teknologi pada setiap bagian pekerjaan,” kata Sekjen Anwar Sanusi ketika menjadi pembicara pada seminar Ministerial Lecturer yang bertajuk Arah, Transisi, dan Implementasi Kebijakan Ketenagakerjaan Indonesia, di Auditorium Merapi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Selasa (20/9/2022).

Sekjen Anwar mengatakan, semakin meningkatnya otomatisasi sekarang ini menjadi tantangan tersendiri bagi dunia ketenagakerjaan yang perlu disikapi dengan memaksimalkan potensi diri.

“Munculnya jenis pekerjaan baru yang belum ada sebelumnya, mengakibatkan menurunnya kebutuhan akan jenis pekerjaan tertentu,” katanya.

Ia menyebut, guna mengatasi masalah penempatan tenaga kerja, Kemnaker mulai menyusun kembali strategi agar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, baik dalam maupun luar negeri yang menuntut adanya penyesuaian sistem penempatan tenaga kerja.

Baca juga: Lepas Ratusan Peserta Magang ke Jepang, Ini Empat Pesan Penting Wamenaker

Salah satu tantangan bidang penempatan kerja, ucap Anwar Sanusi, adalah tingginya angka pengangguran terdidik.

“Bahkan, pengangguran dengan pendidikan tinggi terus bertambah. Hal ini menjadi suatu tantangan bagaimana merespon masyarakat dengan tingkat pendidikan tinggi mempunyai akses untuk mendapatkan lapangan kerja,” ujarnya.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply