Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Pemerintah Bakal Bagikan Kompor Listrik Gratis Seharga 1,8 Jutaan, Ini Syaratnya

Ilustrasi. Dok/OkezoneIlustrasi. Dok/Okezone

Topcareer.Id – Kamu pengguna gas LPG 3 kg dan sedang berpikir untuk membeli kompor gas baru di rumah? Sebaiknya urungkan dulu, karena Pemerintah sedang bersiap untuk melakukan konversi gas LPG 3 kg ke kompor listrik 1.000 watt.

Ya! Dalam uji coba konversi gas ini, Pemerintah rencananya bakal membagikan paket kompor listrik seharga Rp 1,8 jutaan, secara gratis untuk 300.000 rumah tangga.

Syarat penerima paket adalah telah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Rencananya tahun ini 300 ribu (penerima). Jadi satu rumah itu dikasih satu paket, kompornya sendiri, alat masaknya sendiri, dayanya dinaikkan,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana, mengutip CNN Indonesia, baru-baru ini.

Rida menambahkan, anggaran yang dibutuhkan untuk ujicoba terhadap 300 ribu rumah tangga tersebut, adalah Rp 540 miliar. Angka ini mungkin bisa bertambah, seiring dengan masukan untuk turut menaikkan daya-nya dari 800 watt ke 1000 watt.

Baca juga: Shopee Lakukan PHK, Karyawan Terdampak Bakal Dapat Ini

“Perencanaan awal, sama-sama dua tungku, awalnya 800 watt, sekarang mau dinaikkan lagi salah satunya 1.000 MW. Jadi biar masaknya lebih kencang (cepat).”

Menurut Rida, jika perubahan daya dilakukan, maka anggarannya bisa naik dari Rp 1,8 juta, menjadi Rp 2 juta per paket.

Rencananya, uji coba konversi gas LPG 3 kg ke kompor listrik 1.000 watt akan dilakukan di tiga kota, yakni Denpasar, Solo, serta di Sumatera.

Uji coba dilakukan untuk mempelajari respon penerimaan masyarakat, serta aspek keteknikan, termasuk kapasitas daya tungku yang paling cocok.

Selain itu, karena uji coba ini dilakukan oleh PLN, maka rumah yang mendapat kompor listrik akan dibuatkan jaringan khusus di rumah, untuk kompor.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan