Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Oktober 4, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Wajib Tahu! Ini Fitur Baru Windows 11 (Bagian 1)

images (5)

Topcareer.id – Desain ulang Windows yang drastis telah terbukti membawa malapetaka bagi Microsoft di masa lalu. Contohnya Windows 8 sebagai contoh kasus terburuk.

Pada acara perkenalannya, Chief Product Officer Microsoft Panos Panay menyatakan keinginannya untuk tidak mengasingkan penggemar lama Windows.

Terlepas dari tujuan untuk membuat Windows tetap akrab dengan penggunanya, kini ada banyak inovasi di Windows 11.

Sekarang, mari lihat fitur baru dari Windows 11 hasil dari perubahan besar-besaran yang dilakukan Microsoft.

Bagian pertama dari artikel:

Windows 11 Memiliki Tampilan Baru
Ikon Taskbar sekarang berada di tengah dan lebih kecil seperti di Chrome OS, tetapi tombol Start masih di sebelah kiri ikon aplikasi lainnya.

Tampilan di tengah ini membantu pengguna agar tidak perlu terlalu banyak memindahkan kursor mouse melintasi layar penuh untuk meluncurkan aplikasi dari Start Menu.

Lebih halus lagi adalah transparansi, animasi, dan desain ikon bersih yang mewakili evolusi Fluent Design System (Opens in a new window).

Di Windows 11 akan lebih mudah untuk fokus, sebab warna latar belakang dan asap secara otomatis akan menggelapkan area lain. Mode gelap juga terlihat lebih konsisten, dan material ini berubah untuk mencerminkan mode tersebut.

Widget Windows 11
Widget Windows telah kembali. Seperti Apple yang mendukung widget di iOS 14 dan iPadOS 15, Microsoft mencoba menghadirkan kembali widget desktop dengan panel Berita dan Minat yang ada di Windows 10.

Tetapi widget Windows 11 dibuat lebih maju. Widget baru memberikan umpan berita, cuaca, lalu lintas, olahraga, dan data pasar saham yang dipersonalisasi, didukung oleh AI untuk penyesuaian dan Edge untuk rendering.

Pembaruan selanjutnya akan memungkinkan pengguna memperluas panel Widget untuk memenuhi seluruh layar, dan penyedia konten pihak ketiga akan dapat memanfaatkan fitur baru ini.

Baca juga: Winamp Reborn! Bakal 100% Kompatibel dengan Windows 11

Tata Letak Snap Windows 11
Windows telah lama terkenal kemampuannya untuk memposisikan, mengukur, membuka, dan menutup jendela di layar sesuai selera penggunanya.

Kini hadir kenyamanan dari windowing terbaru: Snap Layouts. Snap Layouts memungkinkan pengguna memilih dari pilihan tata letak jendela, dan mudah mengisinya dengan jendela aplikasi pilihan pengguna.

Tata letak ini disimpan dan dapat diakses dari ikon taskbar aplikasi sehingga pengguna tidak perlu membuat ulang setelah melakukan hal lain di PC.

Aplikasi Default yang Diperbarui di Windows 11
Banyak aplikasi standby Windows lama seperti Paint, Foto, Notepad, Media Player, Mail, dan sebagainya, telah diperbarui untuk tampilan baru dan dalam beberapa kasus mendapatkan fitur baru.

Contoh yang bagus adalah aplikasi Jam sederhana di Windows 11 dengan fitur produktivitas super.

Pengguna bisa menyetelnya ke dalam Focus Sessions. Dengan Focus Sessions, pengguna bisa menetapkan batasan kapan waktunya tanpa gangguan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Aplikasi Media Player baru mampu menangani musik serta video dan menggantikan aplikasi Groove Windows 10. Pemutar baru ini dapat menangani audio FLAC dan video 4K.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan