Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Desember 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

7 Tips Mengambil Foto Profesional Buat Profil Resume (Bagian 1)

Ilustrasi Professional headshot 2 (Pexels)

Topcareer.id – Jika kamu punya akun LinkedIn atau media sosial professional lainnya, kamu tentu memerlukan foto professional untuk profil onlinemu. Meskipun kamu tidak memiliki akun media sosial, foto professional bagaimanapun tetap diperlukan minimal untuk resume-mu.

Foto profesional menawarkan sekilas tentang siapa dirimu di dunia bisnis sambil menunjukkan profesionalismemu. Untuk memiliki foto professional, kamu bisa menyewa fotografer khusus, atau pergi ke studio foto.

Jika kamu punya anggaran yang minim, dan wkatu yang sedikit, kamu bisa kok ambil foto profesionalmu sendiri. Berikut ini langkah-langkah tepat untukmu yang ingin mengambil foto professional.

1. Persiapkan terlebih dahulu

Meski hanya untuk foto, tapi kamu perlu mempersiapkan ini sebelumnya. Rencanakan pakaianmu dan teliti cara menggunakan kameramu secara efektif. Kamu juga perlu memperhatikan kulitmu, makan dengan baik, minum banyak air, dan banyak istirahat menjelang pemotretan sehingga kamu dapat tampil terbaik di depan kamera.

2. Minta bantuan atau gunakan tripod

Idealnya, kamu memiliki seseorang yang dapat membantumu selama pemotretan. Orang lain bisa membantu melihat framing yang tepat untukmu, memegang kamera, dan sebagainya. Mungkin kamu dapat bertukar dan membantu mereka mendapatkan headshot profesional mereka sendiri.

Baca juga: Mau Naik Gaji Tanpa Negosiasi? Coba Lakukan Ini

Jika kamu tidak memiliki seseorang untuk membantu, kamu memerlukan tripod kamera untuk memegang kameramu. Kamu dapat menggunakan pengaturan timer untuk berada di depan kamera, berpose, dan mengambil foto.

3. Posisikan kamera di antara sumber cahaya alami

Sumber cahaya alami sangat ideal untuk memberikan pencahayaan 360 derajat yang bagus, bersih. Pencahayaan buatan bisa membuatmu terlihat gelap dan kasar. Hindari juga sinar matahari langsung. Setelah memilih sumber cahaya dan latar belakang, kamu perlu memposisikan kamera di antara dirimu dan sumber cahayamu.

Jika kamu menggunakan smartphone, gunakan kamera depanmu untuk kualitas terbaik.

4. Gunakan latar belakang netral

Dinding bata berwarna netral, pengaturan luar ruangan yang netral, atau dinding kokoh sangat ideal untuk latar belakang fotomu. Hindari latar belakang yang sibuk dengan kekacauan dan elemen lain yang mengganggu.

Tinggalkan Balasan