Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Alami Job Insecurity? Mulailah Lakukan Ini

Ilustrasi penduduk usia kerja terdampak covid-19Ilustrasi work. Dok/Skillroads

Topcareer.Id – Kecuali kamu memiliki pekerjaan di pemerintahan, job insecurity adalah sesuatu yang akan kamu alami di tingkat tertentu dalam perjalanan karier kamu. Terutama saat perusahaan tempat kamu bekerja sedang dihadang beberapa masalah.

Jika dibiarkan, lama kelamaan ini akan mengganggu kesehatan mental kamu. Itu mengapa kamu harus mulai menyiapkan beberapa cara untuk mengatasinya, setidaknya dengan menyiapkan rencana penyelamatan yang baik, sedari sekarang.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan, untuk mengatasi Job Insecurity yang kamu rasakan.

Setia pada diri sendiri, bukan majikan

Bahkan jika kamu mencintai pekerjaanmu, tim kamu, dan misi perusahaan kamu, ketahuilah bahwa belakangan kian sedikit pekerja yang bisa bertahan di sebuah perusahaan selama bertahun-tahun.

Semoga saja, kamu adalah satu di antara mereka. Namun untuk berjaga-jaga, tak ada salahnya untuk mulai memperbarui resume kamu, memperbarui keterampilan kamu, dan membuka mata dan telinga kamu, baik untuk peluang kerja maupun untuk tanda-tanda bahwa PHK mungkin akan segera terjadi.

Persiapkan jalan keluar

Jangan hanya menunggu untuk ditembak. Kamu mungkin bisa memulai mencari sidejob atau penghasilan sampingan yang bisa membantu menopang kehidupanmu andaikan PHK benar-benar terjadi.

Cari tahu dan pelajari juga bagaimana cara kamu meraih pesangon dari perusahaan, serta bagaimana agar kamu bisa mendapat perlindungan dari pemerintah, contohnya seperti mendapat JKP, mengikuti pelatihan dari Program Kartu Prakerja, dsb.

Targetkan peluang yang lebih aman

Tidak dapat hidup dengan ketidakpastian? Putar karier kamu ke arah yang lebih aman. Carilah pekerjaan di pemerintahan, industri yang didukung serikat pekerja, atau di perusahaan yang memiliki reputasi panjang umur karyawan.

Baca juga: Daftar Pekerjaan di Big Data yang Hasilkan Banyak Uang 

Teliti keterampilan yang dibutuhkan di bidang yang kamu geluti

Tambahkan beberapa keterampilan ke kotak peralatan kamu. Memiliki keterampilan atau sertifikasi yang bagus mungkin tidak membantu kamu mempertahankan pekerjaan, tetapi itu pasti akan membantu kamu menemukan peluang baru jika kamu membutuhkan atau menginginkannya.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu mulai persiapkan dari sekarang. Semoga pekerjaan kamu lancar terus ya kedepannya. Amin.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan