Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Waspadai 3 Penyakit Ini Saat Musim Hujan

Musim hujan identik dengan kewaspadaan banyak penyakit.Musim hujan identik dengan kewaspadaan banyak penyakit. (Pexels)

Topcareer.id – BMKG menyebut potensi cuaca ekstrem terjadi dalam satu pekan ini, sehingga masyarakat harus tetap waspada dan menjaga kesehatan. Masyarakat diminta untuk lebih berhati-hati, apalagi terhadap penyakit yang rawan mengancam saat musim hujan.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), Chlara Yunita Prabawati menjelaskan bahwa saat cuaca ekstrem seperti ini, upaya menjaga kesehatan wajib dilakukan oleh semua orang.

Chlara lantas menyebutkan 3 penyakit ini rentan menyerang di musim hujan, sehingga seseorang harus lebih waspada.
Menurutnya penyakit yang harus diwaspadai adalah Demam berdarah Dengue (DBD), diare, dan influenza (flu). Ketiganya adalah prevalence penyakit tertinggi yang sering menyerang anak hingga lanjut usia.

1. Demam berdarah

Chlara menyampaikan, Demam Berdarah Dengue (DBD) atau sering dikenal dengan istilah penyakit demam berdarah adalah penyakit tropis dengan kategori endemi. Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue (DENV) yang disebarkan oleh nyamuk spesies Aedes aegypti.

“Spesies nyamuk ini sangat suka bersarang di genangan air bersih, sehingga harus diwaspadai proses perkembang biakan jentik nyamuk Aedes aegypti di musim hujan yang mendukung banyaknya nyamuk berkembang biak,” kata Chlara dikutip dari laman resmi UM Surabaya, Rabu (5/10/2022).

Ia menjelaskan gejala utama adalah demam dan adanya pateki (bintik merah pada permukaan kulit). Penyakit ini sangat rentan menyerang bayi hingga lanjut usia, risiko tertinggi terserang penyakit DBD adalah terjadinya kecacatan hingga kematian.

Baca juga: Studi: Makan Di Malam Hari Justru Tingkatkan Rasa Lapar

2. Diare

Menurut Chlara, musim hujan seperti ini diare sangat rentan menyerang. Diare disebabkan oleh bakteri, parasite dan virus yang mengkontaminasi air dan makanan, sumber utama proses kembang biak bakteri ini akan meningkat pesat ketika musim hujan dan suhu turun.

“Tanda gejala utama diare adalah ketidakmampuan usus dalam mengontrol proses pengeluaran feses yang cair dengan durasi lebih dari 3X, selain itu terjadinya nyeri perut, keram perut, dan komplikasi mengarah dehidrasi sering terjadi,”imbuhnya lagi.

3. Flu

Penyakit ini hampir mirip dengan varian virus corona omicron, namun flu lebih dikenal masyarakat Indonesia sebagai bagian penyakit tropis yang disebabkan oleh virus Avian Influenza A & B H5N1.

“Proses pemahaman pencegahan penyakit ini sangat penting, masyarakat jangan menganggap remeh, pemahaman dan kesadaran menjadi sangat penting untuk menjaga keluarga dan anak-anak kita terhindar dari penyakit,” ujarnya.

Leave a Reply