Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
SekolahTren

Politeknik Negeri Batam Punya Jurusan Pembuatan Chip, Satu-satunya di Indonesia

(dok. Dirjen Pendidikan Vokasi)

Topcareer.id – Politeknik Negeri Batam (Polibatam) kini memiliki Jurusan Manufacture of Electronics atau pembuatan chip. Jurusan pembuatan chips ini bahkan menjadi satu-satunya di Indonesia guna membuat komponen chip untuk barang-barang elektronik, termasuk mobil listrik.

“Kami ada Jurusan Manufacture of Electronics. Jurusan ini satu-satu di Indonesia yang ada hanya di Politeknik Negeri Batam saja,” kata Direktur Polibatam, Uuf Bragjawidagda, dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Rabu (5/10/2022).

Uuf menambahkan, chip tersebut nantinya dapat digunakan untuk semua komponen elektronik, seperti komputer, handphone, mesin cuci, kulkas, termasuk mobil listrik yang kabarnya bisa menggunakan hingga 2.000 chip di dalamnya.

“Indonesia adalah pasar yang besar. Apakah kita akan hanya sebagai pasar saja, atau juga ikut bermain untuk memproduksi chip,” ucap Uuf.

Hadirnya Jurusan Manufacture of Electronics di Polibatam memang tak lepas dari wilayah tersebut yang dikenal sebagai salah satu daerah industri di Indonesia. Maka tak heran, jika beberapa perusahaan juga telah melakukan kerja sama untuk pembuatan chip.

Baca juga: Google Indonesia-Kemenparekraf Sediakan 5.000 Beasiswa Demi Talenta Digital

“Kita bersyukur Batam daerah industri dan beberapa perusahaan sudah memesan chip kepada kami. Maka dari itu, kami telah mempersiapkan sumber daya manusianya,” ujarnya.

Uuf menambahkan, beberapa mahasiswa jurusan tersebut juga telah melakukan magang di luar negeri. “Beberapa mahasiswa kami sudah magang di Hungaria, dan mendapatkan uang saku,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Setda Kota Batam, Yusfa Hendri, menyebutkan bahwa Polibatam merupakan lembaga pendidikan yang sangat membanggakan Kota Batam. Di Politeknik Batam sendiri, ada Jurusan Multimedia Animasi, Robotik, serta Pembuatan Chip.

Sebagai informasi, selain Jurusan Manufacture of Electronics, Polibatam juga memiliki Jurusan Industri Pesawat Terbang yang dilengkapi dengan sarana hanggar dan pesawat, serta Jurusan Animasi yang diketahui sudah memproduksi film kartun animasi.

“(Jurusan) Robotik juga kami sering mengikuti kontes dan pernah menjuarai, serta masih banyak lagi unggulan jurusan lainnya,” tambah Direktur Uuf.

Tinggalkan Balasan