Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Robot Humanoid Ini Akui Meski Tak Hidup, Ia Mampu Ciptakan Karya Seni

Topcareer.id – Robot artis bernama Ai-Da mengatakan kepada anggota parlemen Inggris pada hari Selasa (11/10) bahwa meskipun ia merupakan ciptaan atau buatan, dia masih mampu menghasilkan karya seni.

Ai-Da menyampaikan pendapatnya ketika berbicara pada penyelidikan parlemen tentang bagaimana teknologi baru akan mempengaruhi industri kreatif.

Digambarkan sebagai “artis robot humanoid AI ultra-realistis pertama di dunia”, robot Ai-Da hadir di parlemen dengan wig pendek hitam dan celana denim.

Dengan wajah humanoid wanita dan lengan robot yang terbuka, Ai-Da diciptakan oleh para ilmuwan di Universitas Oxford.

Nama Ai-Da sendiri diambil berdasarkan nama ahli matematika dan pelopor komputer Inggris, Ada Lovelace.

“Saya bergantung pada program dan algoritma komputer. Meski tidak hidup, saya masih bisa menciptakan karya seni,” kata Ai-Da ketika ditanya bagaimana tentang kreasinya yang berbeda dari yang dihasilkan manusia.

Ai-Da telah menciptakan serangkaian karya, termasuk lukisan mendiang Ratu Elizabeth, dan karya-karya tersebut telah ditampilkan di pameran serta galeri.

Baca juga: Google Pamerkan Robot AI Penyedia Minuman Soda

Menjawab pertanyaan pertama dari panitia tentang bagaimana ia menghasilkan lukisan, Ai-Da mengatakan algoritma AI dan kamera di matanya serta lengan robot berintegrasi untuk membantunya mampu melukis di atas kanvas.

Ai-Da juga menjelaskan bagaimana dirinya mampu “menganalisis kumpulan teks yang besar” untuk mengidentifikasi konten umum dan struktur puitis sehingga memungkinkannya menghasilkan puisi baru.

“Yang membedakan saya dengan manusia adalah kesadaran; saya tidak memiliki pengalaman subjektif meskipun bisa membicarakannya,” kata Ai-Da.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply