Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, July 22, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

5 Hal Ini Tak Boleh Dibagikan Mahasiswa di Media Sosial

(pixabay)

Topcareer.id – Media sosial, seperti Facebook, TikTok, Instagram, kini menjadi tempat berbagi apapun kepada siapapun, yang juga jadi wadah seseorang untuk bebas berekspresi. Namun, yang perlu diingat bahwa tidak semua konten bisa dibagikan melalui media sosial.

Ahli IT UM Surabaya Taufiqur Rohman menjelaskan 5 hal yang tidak boleh dibagikan di media sosial karena dapat membahayakan privasi dan keamanan.

1. Rencana perjalanan

Taufiq menegaskan sebelum membagikan perjalanan seseorang harus memikirkan dua kali sebelum memposting tentang perjalanan,

“Misalkan ketika menghadiri acara seminar delegasi dari kampus ke luar kota dengan durasi estimasi yang cukup lama. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya pembobolan rumah atau kost,” kata Taufiq dikutip dari laman resmi UM Surabaya, Jumat (14/10/22).

2. Data lokasi

Menurutnya, membagikan data lokasi akan melacak koordinat GPS. Browser memiliki gambaran umum tentang lokasi berdasarkan alamat IP atau akun yang dimasuki. Ini disebut Geolokasi, dan sering digunakan di media sosial untuk menandai pos dengan lokasi saat ini.

Baca juga: 5 Sifat Buruk Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Pengusaha!

3. Informasi data pribadi

Ia menuturkan, situs seperti Facebook penuh dengan data berharga bagi orang-orang yang menggunakan rekayasa sosial untuk mencuri identitas di media sosial.

“Seseorang harus menghindari berbagi informasi yang digunakan untuk memverifikasi identitas, seperti tanggal lahir, foto SIM, paspor, atau kartu kredit yang berisi informasi pribadi,” ujarnya.

4. Berbagi akun

Berbagi akun lewat media sosial, baik akun sistem akademik maupun akun Cloud terkait penyimpanan dokumen tugas, ini akan mempermudah akun terkena bajak.

“Jika terpaksa harus berbagi menggunakan platform media sosial maka harus diatur tertutup atau terbatas terlebih dulu,” imbuhnya.

5. Aib orang lain

Taufiq menjelaskan alasannya karena ini akan berdampak pada pergunjingan yang membuat seseorang dijauhi banyak orang, bahkan sampai mengucilkan diri sendiri karena merasa malu dengan orang lain.

Leave a Reply