Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Maret 22, 2023
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Sstt… Begini Tips Cari Kerja Lagi Saat Kamu Masih Bekerja (Bagian 2)

Ilustrasi mencari pekerjaan (Pexels)

Topcareer.id – Mencari pekerjaan di saat masih aktif bekerja bisa sangat rumit, apalagi jika terkait dengan manajemen waktu. Pencari kerja yang sedang bekerja memiliki tantangan untuk menyulap pekerjaan fulltime dan pencarian kerja tanpa menimbulkan gelombang di tempat kerja.

Faktanya, para ahli merekomendasikan agar pencari kerja yang bekerja menghabiskan setidaknya 15 jam seminggu untuk mencari pekerjaan mereka (untuk yang menganggur, 30+). Melansir The Ladders, berikut ini tips untuk berhasil melakukan perburuan pekerjaan secara diam-diam.

4. Berinvestasi dalam kartu nama pribadi

Jika kamu ingin menghadiri acara jaringan langsung, penting bagimu untuk dapat membagikan kartu nama dengan informasi kontak pribadimu pada kesempatan ini. Kamu dapat memesan satu set yang bagus di tempat percetakan atau memilih kartu nama digital sebagai gantinya.

5. Pertimbangkan pakaianmu

Jika kamu memiliki janji wawancara selama jam kerja, cerdaslah tentang apa yang kamu kenakan ke kantor sehingga kamu tidak terlalu menarik perhatian. Ganti sepatu wawancara bergayamu itu dengan flat shoes atau sepatu kasual di kantor, dan tukar jasmu dengan kardigan atau mantel olahraga untuk mencegah kecurigaan rekan kerja.

Baca juga: Hati-Hati, Kebiasaan Komunikasi Ini Bisa Rusak Hubunganmu Dengan Bos

Jika kode pakaian perusahaanmu saat ini kasual, tetapi kamu sedang proses wawancara di perusahaan yang sangat formal, kamu mungkin harus melakukan perubahan pakaian lengkap. Coba identifikasi kedai kopi atau restoran yang terletak di dekat perusahaan tempatmu wawancara di mana kamu dapat dengan aman berganti pakaian.

Jika wawancara dilakukan online atau dari jarak jauh, pastikan kamu memiliki dan menggunakan peralatan sendiri untuk wawancara video.

6. Jangan biarkan kebiasaan media sosialmu menggagalkan pencarian rahasiamu

Tahan dirimu dari memposting komentar atau update status yang menjelek-jelekkan atasanmu saat ini. Kadang hal itu bisa dengan mudah tersebar ke departemen SDM-mu. Terlebih lagi, kamu juga tidak ingin calon pemberi kerja menemukan komentar tersebut – tidak ada yang mau mempekerjakan orang yang negatif.

Jaringan online dapat banyak membantu, tetapi berhati-hatilah dengan caramu melakukannya, atau dengan siapa kamu berbicara tentang mendapatkan tanggapan yang baik atau bahkan wawancara.

Tinggalkan Balasan