Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Tips Amankan Karier dari Ancaman Robot (Bagian 1)

Ilustrasi robot. Sumber foto: TechslangIlustrasi robot. Sumber foto: Techslang

Topcareer.Id – Membahas ancaman otomatisasi dan robot terhadap pekerjaan memang tidak ada habisnya. Ketakutan dan kekhawatiran yang muncul juga bukan tanpa alasan, karena jika melihat perkembangan yang ada, sejumlah pekerjaan telah mulai digantikan oleh mereka.

Meski ada beberapa pekerjaan yang dinyatakan aman dari kehadiran mereka, bukan berarti kita boleh lengah. Segala persiapan harus tetap kita lakukan, untuk mengamankan karier kita dari ancaman tersebut.

Kabar baiknya, mengutip dari The Balance Careers, ada beberapa hal yang bisa kita mulai sedari sekarang, untuk memastikan keamanan kerja di dunia yang semakin otomatis. Berikut beberapa di antaranya:

Bagian pertama dari artikel.

Ambil keterampilan baru

Luangkan waktu untuk mengembangkan keterampilan yang tidak dapat dilakukan robot. Kembangkan kemampuan pemecahan masalah, keterampilan manajemen, kreativitas, dan kecerdasan emosional kamu.

Jika kamu dapat menonjolkan keterampilan ini, kamu akan menjadikan diri kamu anggota yang tak ternilai dari tim mana pun, dan seorang karyawan yang tidak mudah digantikan oleh komputer.

Baca juga: Hati-hati, Daftar Pekerjaan Ini Bakal Digantikan Robot!

Kembali ke sekolah

Pekerjaan yang membutuhkan lebih banyak pendidikan cenderung tidak digantikan oleh robot, sebagian karena akan memakan terlalu banyak waktu dan energi untuk mengajarkan semua informasi itu ke komputer.

Jadi, pertimbangkan untuk kembali ke ‘sekolah’ untuk mengambil spesialisasi dalam topik tertentu yang terkait dengan pekerjaan kamu.

Ini adalah cara yang bagus untuk menjadikan diri kamu sangat diperlukan. Pertimbangkan juga bagaimana mengubah karier tanpa kembali ke sekolah, atau mencari program pelatihan jangka pendek untuk memperluas keahlian kamu.

Latih kemampuan beradaptasi

Meskipun kamu mungkin tidak kehilangan pekerjaan karena robot, kamu tetap akan melihat perubahan dalam tugas sehari-hari kamu.

Pastikan untuk menyampaikan kepada atasan bahwa kamu fleksibel, mudah beradaptasi, dan bersedia untuk berubah dan mengambil tugas baru.

Juga, bersiaplah untuk akhirnya bekerja bersama lebih banyak komputer dan robot, daripada yang kamu lakukan sekarang. Pengusaha akan terkesan jika kamu dapat beradaptasi dengan tenaga kerja yang berubah ini dengan mudah dan dengan pikiran terbuka.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply