Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Februari 1, 2023
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Rahasia Pencarian Kerja yang Sukses Menurut Pelatih Karier

work-home-shutterstock_1413905933Ilustrasi. (dok. Shutterstock)

Topcareer.id – Mencari pekerjaan baru bisa membuat stress. Bayangkan, berjam-jam dihabiskan untuk menyusun aplikasi, berbagai hal diperlukan untuk membangun jaringan dengan orang asing, rasa sakit karena ditolak atau dihantui oleh perusahaan yang sangat kamu sukai.

Meskipun penolakan tidak dapat dihindari dalam pencarian kerja, sulit untuk tidak merasa kalah atau putus asa ketika itu terjadi.

Pelatih Karier, Emily Liou mengatakan, ketakutan akan penolakan dan kegagalan adalah satu-satunya hambatan terbesar yang dialami orang untuk mendapatkan pekerjaan impian mereka. Rahasia untuk menaklukkan rasa takut ini, menurut Liou, adalah dengan mengubah pola pikirmu.

“Jangan terlalu peduli! Sebagai pencari kerja, keadaan terbaik yang bisa kamu dapatkan dalam pencarianmu adalah dari keadaan tidak terikat: mengingatkan diri sendiri bahwa penolakan bukanlah masalah pribadi, dan kamu akan menemukan pekerjaan yang bagus atau sesuatu yang bahkan lebih baik di masa depan,” kata Liou dikutip dari laman CNBC Make It.

Ketika kamu membiarkan rasa takut mengalahkan kepercayaan diri dalam mencari pekerjaan, kamu berisiko terdengar “putus asa,” Liou memperingatkan. “Itu menjijikkan bagi manajer perekrutan mana pun.”

Banyak pencari kerja menjadi korban pola pikir ytang buruk itu, Liou menjelaskan, yang berasal dari perasaan bahwa ada pekerjaan yang terbatas dan melihat keterbatasan dibanding peluang. Perangkap umum lainnya? Menggabungkan penolakan dengan harga diri.

“Ini adalah lingkaran setan karena semakin kamu merasa kurang percaya diri, semakin banyak keraguan diri, dan kamu tergoda untuk menurunkan standarmu dalam mencari pekerjaan atau berhenti sama sekali,” Liou memperingatkan.

Baca juga: 8 Alasan Kenapa Surat Lamaranmu Tak Ditanggapi Perusahaan (Bagian 1)

“Tetapi kamu bisa menjadi kandidat yang paling memenuhi syarat dan terbaik dan masih belum mendapatkan pekerjaan itu, karena alasan-alasan yang berada di luar kendalimu.”

Bagaimana menumbuhkan pola pikir pemenang

Liou mendorong siapa pun yang merasa putus asa tentang perburuan pekerjaan, untuk menulis daftar pencapaian dan alasan mengapa mereka akan mendapatkan pekerjaan yang luar biasa, yang dia sebut “brag list.”

Daftar ini dapat mencakup apa saja mulai dari proyek spesifik yang kamu kerjakan yang kamu banggakan hingga ciri-ciri karaktermu seperti kreativitas atau banyak akal.

Menulis daftar sesumbar bukan hanya latihan membangun kepercayaan diri yang utama — ini juga dapat membantumu tampil lebih baik dalam wawancara kerja, dengan membantumu mengingat pencapaian masa lalu yang dapat kamu sebutkan dalam percakapan, atau meredakan ketegangan.

Salah satu langkah paling penting dalam membangun dan mempertahankan pola pikir percaya diri dan tidak terikat untuk mencari pekerjaan adalah mempraktikkan self-talk yang lebih positif.

“Dibanding bertanya pada diri sendiri ‘Apa hal terburuk yang bisa terjadi?’ tanyakan pada diri sendiri, ‘Apa yang terbaik yang bisa terjadi?’” Kata Liou.

Kandidat terkuat juga adalah mereka yang menetapkan batasan pencarian kerja yang sehat, catat Liou. Meskipun kamu harus melakukan riset dan mengedepankan yang terbaik selama wawancara, perburuan pekerjaan tidak boleh menjadi aktivitas yang menghabiskan banyak waktu yang membuatmu ketakutan.

Tinggalkan Balasan