Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Kesalahan di Media Sosial yang Bisa Bahayakan Karier (Bagian 1)

Media Sosial

Topcareer.Id – Tahukah kamu? Media sosial punya dampak yang cukup besar pada masa depan karier kita. Jauh dari yang kita duga.

Bahkan, dalam survei tahun 2019 yang dilakukan oleh perusahaan layanan penyaringan pekerjaan JDP, 84% responden mengatakan bahwa mereka percaya media sosial berdampak pada keputusan perekrutan.

Itu mungkin kenapa, 50% melaporkan telah menghapus profil atau postingan media sosial lama, untuk menjaga reputasi profesional mereka.

Jadi, saat kamu membaca ini, ada kemungkinan bahwa kamu juga sudah menghapus atau mengunci foto-foto lama kamu yang sudah tidak relevan dengan kondisimu sekarang.

Sayangnya, foto-foto lama ternyata bukan satu-satunya yang membahayakan di media sosial, yang akan menghambat tujuan profesional kamu.

Survei CareerBuilder terhadap manajer perekrutan dan profesional SDM menemukan, 70% pemberi kerja meneliti kandidat pekerjaan di media sosial. Dan 57% dari responden tersebut mengatakan bahwa mereka memilih untuk tidak maju dengan kandidat karena sesuatu yang mereka temukan secara online.

Lalu, apa saja sih hal yang berbahaya bagi kariermu di media sosial? Berikut beberapa di antaranya:

Bagian pertama dari artikel.

Tidak punya media sosial
Hampir setengah dari perusahaan yang disurvei CareerBuilder mengatakan bahwa mereka tidak akan mempekerjakan seorang kandidat jika mereka tidak dapat menemukannya secara online.

Jadi, sepenuhnya menghindar dari media sosial, sudah pasti menjadi langkah yang kurang tepat. Jika kamu memang belum pernah membuatnya, cobalah untuk mulai mempelajarinya, dan membangun personal brand kamu dengan baik di sana. Ingat, tidak ada kata terlambat.

Baca juga: 5 Hal Ini Tak Boleh Dibagikan Mahasiswa di Media Sosial

Memiliki nama akun yang kurang baik
Nama dari akun juga penting. Jika memang kamu bertujuan menggunakan media sosial sebagai salah satu jembatan untuk karier kamu, maka pemilihan nama akun adalah sesuatu yang tidak bisa kamu sepelekan.

Biasanya, dari nama, perekrut akan mendapatkan sedikit gambaran dari kepribadian kamu. Jadi, cobalah ubah nama akun kamu menjadi lebih menarik dan terlihat profesional.

Memiliki nama akun yang kurang baik
Selain nama akun, beberapa kesalahan yang sering dilakukan para pencari kerja, adalah saat mereka memajang foto wanita seksi, tokoh kartun, dan hal-hal lain, ketimbang wajah mereka sendiri. Ini akan membuatmu terlihat kurang matang dan profesional, terutama jika kamu melamar ke bidang yang cukup kaku dan formal.

Tidak memanfaatkan bio juga sebenarnya adalah kesalahan yang cukup besar. Karena justru dari situlah, para perekrut atau orang-orang yang ingin berbisnis denganmu, bisa mendapat gambaran yang lumayan lengkap, tentang karakter kamu, serta keahlian dan pencapaian yang kamu miliki.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply