Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Perdana Menteri Baru Inggris Lebih Kaya dari Raja Charles III

Rishi Sunak

Topcareer.id – Inggris punya Perdana Menteri baru, Rishi Sunak. Ia bahkan mencatat sejarah sebagai pemimpin kulit berwarna pertama di Inggris dan termuda dalam beberapa abad terakhir. Ia menjabat pada usia 42 tahun. Yang lebih menarik perhatian, yakni kekayaannya yang diperkirakan melebihi Raja Charles III.

Mengutip CNBC, Sunak menggantikan Liz Truss sebagai pemimpin Partai Konservatif yang berkuasa di Inggris, sebelumnya bekerja sebagai bankir investasi Goldman Sachs dan kemudian sebagai hedge fund manager, sebelum menjadi politisi delapan tahun lalu.

Tapi dia berutang banyak kekayaan kepada istrinya, Akshata Murty, ahli waris teknologi yang ayahnya, N. R. Narayana Murthy mendirikan perusahaan IT India Infosys.

Bersama-sama, pasangan ini diperkirakan memiliki kekayaan sebesar £730 juta (USD844 juta), menurut Sunday Times Rich List.

Mayoritas kekayaan Murty berasal dari 0,93% sahamnya di Infosys — yang saat ini memiliki kapitalisasi pasar sekitar USD75 miliar.

Namun, Murty juga memiliki Catamaran Ventures U.K., cabang Inggris dari modal ventura dan perusahaan ekuitas swasta ayahnya, yang memiliki saham dalam portofolio perusahaan termasuk merek furnitur mewah yang dimiliki bersama oleh putri sulung Rupert Murdoch.

Baca juga: Di Google Ada Profesi Ads Quality Rater, Ngapain Ya Kerjaannya?

Pasangan itu, yang bertemu saat belajar MBA di Stanford University, juga dilaporkan memiliki setidaknya empat properti senilai sekitar £18,3 juta, termasuk sebuah apartemen di California.

Sebelum memasuki Downing Street, tempat tinggal utama mereka adalah rumah lima kamar tidur di Kensington, London, senilai sekitar £6,6 juta, sementara mereka menghabiskan akhir pekan di tempat peristirahatan terdaftar Grade-II di Yorkshire, menurut The Guardian.

Lebih kaya dari raja?

Kekayaan pribadi Sunak dan istrinya jauh di atas mantan perdana menteri terkaya Inggris, Edward Stanley, yang terpilih pada tahun 1852 dan memiliki kekayaan bersih sekitar USD440 juta dalam uang hari ini, menurut Guinness World Records.

Itu juga lebih dari dua kali lipat kekayaan Raja Charles dan permaisurinya, yang diperkirakan sekitar £370 juta.

Perkiraan itu tidak termasuk nilai perkebunan mahkota yang lebih luas — portofolio beragam bangunan, karya seni, hutan, dan ladang bernilai miliaran pound — yang tidak dimiliki secara pribadi oleh raja melainkan dipegang oleh raja hanya selama masa pemerintahan mereka.

Pelantikan Sunak sebagai perdana menteri diperkirakan menandai pertama kalinya penduduk Downing Street lebih kaya daripada penduduk Istana Buckingham.

Leave a Reply