Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Kerja sama dengan Jepang, Indonesia Siap Bangun Informasi Bidang Ketenagakerjaan

Dok/Biro Humas KemnakerDok/Biro Humas Kemnaker

Topcareer.Id – Guna membangun sistem informasi pasar kerja, pengawas ketenagakerjaan, dan program terkait pekerja migran, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berencana mengadakan kerja sama dengan Jepang.

Rencana itu mengemuka lewat pertemuan bilateral antara Menaker Ida Fauziyah dengan Wakil Menteri Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang, Yoji Kobayashi pada Pertemuan Menteri Tenaga Kerja ASEAN ke-27 di Manila, Filipina, Jumat (28/10/2022) malam.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya juga membahas soal kerja sama dalam sistem pengawasan ketenagakerjaan, sekaligus pertukaran informasi tentang lowongan pekerjaan, termasuk informasi mengenai pemberi kerja yang tidak memenuhi syarat bagi warga negara Indonesia (WNI).

“Pemerintah Jepang telah memiliki pengalaman terkait sistem pengawasan ketenagakerjaan berbasis elektronik yang terintegrasi sehingga mempermudah penyelenggaraan pengawasan ketenagakerjaan dengan data real time dan akuntabel”, ujar Menaker.

Kerja sama antara Indonesia dan Jepang, nantinya akan melibatkan peran dari Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) untuk memberikan pelatihan kerja yang meliputi keterampilan bahasa, pengenalan budaya, dan teknis agar dapat mendukung kebutuhan pasar kerja luar negeri.

Baca juga: Sukses! Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional Dikunjungi Lebih dari 100 Ribu orang

Menaker Ida menambahan, Kemnaker telah mengajukan dua orang advisor dari Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk membantu terlaksananya kebijakan bidang ketenagakerjaan dan program-program yang berkaitan dengan pekerja migran.

“Saat ini, kami sedang menunggu kedatangan advisor dimaksud dari Jepang untuk ditempatkan di Kemnaker,” katanya.

Advisor yang nantinya akan ditugaskan oleh JICA di Kemnaker merupakan orang-orang yang professional, memiliki kompetensi di bidangnya dan mampu berkomunikasi dengan baik dalam rangka menyukseskan program ini.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply