Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Hong Kong Usul Perdagangan Ritel Gunakan Cryptocurrency

Sumber foto: FreepikSumber foto: Freepik

Topcareer.id – Pemerintah Hong Kong telah mengusulkan untuk mengizinkan investor ritel berdagang menggunakan mata uang kripto yang diperdagangkan di bursa cryptocurrency.

Langkah ini diharapkan akan membantu Hong Kong membangun kembali status hub fintechnya.

Hong Kong sebelumnya mengusulkan pembatasan perdagangan kripto untuk investor profesional dan telah dikritik keras karena menghambat inovasi.

Pembatasan telah mendorong banyak perusahaan rintisan untuk pindah ke pasar lain seperti Singapura dan Dubai.

“Kami ingin memperjelas sikap kebijakan kami ke pasar global, untuk menunjukkan tekad kami untuk mengeksplorasi fintech dengan komunitas aset virtual global,” kata Sekretaris Keuangan Paul Chan dalam pidato utama yang disiarkan ke konferensi Hong Kong Fintech Week.

Pemerintah juga akan meninjau hak properti untuk aset yang diberi token dan mengeksplorasi legalisasi yang disebut smart contract, suatu transaksi yang dijalankan sendiri yang hasilnya bergantung pada input yang telah diprogram sebelumnya.

Langkah-langkah ini kemungkinan akan membuka jalan bagi penawaran token keamanan real estat (STO), kata para pelaku industri.

STO adalah token berbasis blockchain yang mewakili kepentingan kepemilikan atau memberikan hak kepada pemegangnya atas pendapatan atau dividen yang dihasilkan dari aset nyata.

Baca juga: Tips Melindungi Diri dari ‘Pig Butchering’ Aset Kripto

Pengumuman terbaru dapat menempatkan aturan Hong Kong setara dengan aturan Singapura, kata Andy Mehan, kepala kepatuhan untuk APAC di bursa kripto AS Gemini.

“Pelaku industri ingin melihat konsistensi dalam rezim regulasi global, jika tidak, akan ada peluang bagi aktor jahat untuk mengeksploitasi celah di yurisdiksi dengan undang-undang yang tidak terlalu kaku,” katanya.

Langkah terbaru Hong Kong untuk melegalkan perdagangan kripto ritel juga akan membuat Hong Kong lebih jauh dari daratan China, yang telah memberlakukan larangan menyeluruh pada perdagangan kripto.

“Ini adalah langkah positif karena mengirimkan pesan kuat bahwa Hong Kong mengambil pendekatan berbeda dalam mengatur pasar modalnya,” kata Adrian Wang, kepala eksekutif broker crypto Metalpha.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply