Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Berapa Sih Rate Pendapatan Influencer per Bulan?

Ilustrasi influencer. (Pexels)

Topcareer.id – Persaingan influencer Instagram kini semakin kompetitif di pasar daripada sebelumnya. Ada yang sekelas influencer mikro ada juga yangg sudah benar-besar, bergelimang bayaran hingga tak terhingga. Tapi adakah rata-rata penghasilan influencer Instagram setiap bulan?

Sebuah survei dari HypeAuditor mengungkapkan beberapa angka mengejutkan soal bayaran pada influencer Instagram ini.

HypeAuditor melakukan survei terhadap 1.865 influencer Instagram, menanyakan pendapatan mereka, beban kerja dan waktu yang mereka investasikan, serta sumber pendapatan utama mereka. Dari mereka yang telah disurvei, 45,74 persen adalah perempuan dan 28 persen berusia 25-34 tahun.

Pendapatan bulanan rata-rata mendekati USD3.000 (Rp46,8 juta)

Pengambilan kunci pertama dari laporan HypeAuditor adalah bahwa setengah dari influencer yang disurvei (48,5 persen) mengatakan bahwa mereka menghasilkan uang dari akun Instagram mereka.

Rata-rata, seorang influencer menghasilkan USD2.970 (sekitar Rp46,4 juta) per bulan. Namun, ada perbedaan pendapatan yang signifikan antar akun, terutama tergantung pada jumlah pengikut.

Baca juga: Hong Kong Usul Perdagangan Ritel Gunakan Cryptocurrency

Mikro-influencer (antara 1.000 dan 10.000 pengikut) menghasilkan rata-rata USD1.420 (sekitar Rp22,1 juta) per bulan. Mega-influencer (lebih dari satu juta pengikut) menghasilkan USD15.356 (kira-kira Rp240 juta) per bulan.

Namun, di antara pemegang akun dengan pengikut antara 1K dan 10K, hanya 22,99 persen yang melaporkan menghasilkan uang, dibandingkan dengan 68,75 persen akun dengan 500K hingga satu juta pengikut, mengutip Lifestyle Asia.

Perbedaan juga terlihat terkait dengan bidang keahlian para influencer. Rata-rata influencer menghasilkan USD31 (Rp484.505) per jam, tetapi seorang spesialis kecantikan akan mendapatkan penghasilan dua kali lipat, dengan USD60 (Rp937.752) per jam, rekor di seluruh kategori (berkaitan dengan waktu yang dihabiskan untuk memelihara akun).

Beberapa superstar dapat menuai sebanyak USD187 per jam. Secara keseluruhan, kategori yang menghasilkan uang paling banyak untuk influencer adalah hewan, bisnis dan pemasaran, serta kebugaran dan olahraga.

Leave a Reply