Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Sunday, September 8, 2024
idtopcareer@gmail.com
Lifestyle

Kisah Jane Laura Grace, Rocker Punk yang Memutuskan Jadi Transgender

Dok/FlickrDok/Flickr

Tak bisa dipungkiri, masih banyak orang yang berpikir jika musik punk adalah bagian dari maskulinitas. Padahal, seiring berjalannya waktu, genre ini mulai menjelma menjadi aliran yang bisa dinikmati oleh hampir semua kalangan.

Stereotipe maskulinitas itu kian memudar setelah sejumlah punggawanya mendobrak batasan itu. Yang paling fenomenal adalah band punk Against Me!, di mana punggawanya Thomas James Gabel, resmi bertransformasi dari pria menjadi wanita. Operasinya dilakukan pada 2012 silam.

Keputusan Thomas sendiri kala itu tidak luput dari kontroversi. Maklum, sejak band itu lahir di 1997, Thomas terlanjur dikenal sebagai sosok yang sangat maskulin.

Pria yang telah menikahi wanita sebanyak dua kali itu juga merupakan sosok di balik lagu-lagu bernada keras yang hingga saat ini banyak dijadikan lagu-lagu wajib punkers di ranah moshpit.

Baca juga: Sejarah Sepatu Docmart: Populer Gara-gara Musik

Masih menggelegar bareng band punk-nya

Tak lama usai operasi, Thomas James Gabel, yang telah berganti nama menjadi Laura Jane Grace, kembali merilis album bareng Against Me!

Untuk album tersebut, Against Me! menggandeng mantan drummer Angels and Airwaves, Atom Willard untuk menjadi ‘tukang pukul’ resmi mereka. Lirik-lirik yang mereka buat pun masih cukup frontal, termasuk soal isu transgender yang masih tabu bagi banyak orang.

“Bagian klise dari topik ini adalah tentang seorang wanita yang terperangkap di tubuh pria, tapi sebenarnya tidak sesederhana itu. Ini adalah bagaimana caramu untuk memisahkan antara tubuhmu dengan dirimu sendiri. Dan itu kacau teman, itu benar-benar kacau,” ujar Laura Jane Grace.

Sukses Besar

Usai rilis pada 21 Januari 2014, album yang berjudul Transgender Dysphoria Blues itu langsung dinobatkan sebagai album terbaik yang pernah diciptakan oleh mereka.

“Benar-benar butuh nyali yang besar, untuk jujur, terlebih saat kau di genre seperti ini (Punk). Tuhan memberkatimu, Nona,” ucap salah seorang kritikus.

Against Me! beranggotakan Laura Jane Grace (vokal, gitar), James Bowman (gitar), Andrew Seward (bass), dan Atom Willard (drum). Pada Agustus 2022 kemarin, band ini memutuskan hiatus, dan belum bisa memastikan kapan mereka akan kembali lagi.

Diskografi band Punk Against Me!

Indie Label
Against Me! Is Reinventing Axl Rose (2002)
Against Me! as the Eternal Cowboy (2003), Searching for a Former Clarity (2005)

Major Label
New Wave (2007), White Crosses (2010), dan Transgender Dysphoria Blues (2014), Shape Shift with Me (2016)

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply