Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mau Presentasi Kamu Sukses? Lakukan 3 Hal Ini

Ilustrasi. Sumber foto: Inc.comIlustrasi. Sumber foto: Inc.com

Topcareer.Id – Jangan remehkan presentasi, karena ini adalah sebuah kesempatan bagi kamu, untuk menjelaskan ide besar yang tengah atau berencana kamu kerjakan.

Namun, saat melakukan presentasi, caranya pun tidak boleh main-main, karena ini menyangkut seberapa besar orang tersebut akan menerima dan percaya dengan ide-ide yang kamu sampaikan.

Nah mengutip dari Lifehack.org, untuk bisa mencapai itu, ada 3 tips yang bisa kamu coba, antara lain:

Perlakukan sebagai pertunjukkan

Ingat, yang terpenting dari presentasi bukan data-data rumit yang bikin orang mengantuk saat mendegarnya, namun memastikan bahwa poin yang ingin kamu sampaikan, bisa tersampaikan dengan baik.

Oleh karena itu, mulailah untuk menampilkan prsentasi, seperti layaknya sebuah pertunjukkan. Pikirkan bagaimana audiens kamu bisa ter-trigger, baik itu dengan suara, gestur, hingga mimik wajah kamu.

Jika berhasil, percayalah, presentasi kamu sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga: Data LinkedIn Catat Penurunan Posting Kerja Remote, Era Kerja Fleksibel Berakhir?

Utarakan dengan singkat

Berhentilah bertele-tele dalam menyampaikan poin presentasimu. Semakin singkat, spesifik, dan seefisien, maka ide hebatmu itu akan lebih tertanam. Ini jauh lebih baik ketimbang memberikan penjelasan yang terlalu panjang lebar, dan pada akhirnya malah membuat audiens kehilangan fokus.

Pergunakan alat-alat pendukung

Terkadang verbal saja tidak cukup. Kamu butuh beberapa alat pendukung, agar ide yang kamu sampaikan di presentasi, bisa terserap maksimal.

Salah satu yang bisa kamu lakukan, adalah dengan memakai gambar. Ini akan membuat audiens mengingat ide kamu dalam jangka waktu yang lebih lama. Dari sebelumnya 10%, hingga ke taraf 65%, menurut sebuah survei.

Jadi, jangan segan untuk menambahkan alat-alat pendukung ke dalam presentasi kamu.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply