Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Februari 4, 2023
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Nih, Rahasia agar Jadi Karyawan Favorit! (Bagian 1)

Ilustrasi kerja sambil mendengarkan musik. (Pexels)

Topcareer.Id – Jika kamu ingin lekas mendapat promosi, atau kenaikan gaji, maka salah satu cara yang bisa kamu lakukan, adalah membuat para atasan menyukaimu.

Percayalah, ini tak cukup hanya dengan bermanis-manis di depan mereka. Kamu harus membuat mereka menyadari betapa bagus kinerja kamu, serta merasakan dampak dari apa yang kamu kerjakan.

Oleh karena itu, jika kamu saat ini masih kerap melakukan hal-hal yang membuatmu kurang disukai oleh rekan kerja dan atasan (baca artikel ini), ada baiknya untuk segera menghentikannya, dan mulai melakukan beberapa hal positif yang bisa membuatmu jadi karyawan favorit.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu coba, seperti dikutip dari Business Insider.

Bagian awal dari artikel.

Datang tepat waktu, atau bahkan lebih awal

Kebiasaan terlambat tentu dibenci oleh atasan manapun. Namun, kebiasaan tepat waktu, atau bahkan kebiasaan untuk selalu hadir lebih awal, akan memberikan citra yang baik di mata atasan.

Dengan menerapkan kebiasaan ini, kamu akan dilihat sebagai sosok yang bisa diandalkan, serta memiliki komitmen yang tinggi terhadap sebuah pekerjaan.

Jadi, jika kamu bingung harus memulai dari mana untuk membuat atasan menyukaimu, ini adalah jawabannya. Mulailah dari langkah simple ini.

Baca juga: Ingin Menyenangkan Atasan? Lakukan 3 Hal Ini

Selalu komunikasikan progress dari tugas-tugas yang kamu kerjakan

Ingat, tak semua atasan menganut sistem kerja micro-management, di mana mereka akan terus menyanyaimu soal update dari apa yang kamu kerjakan. Beberapa atasan memilih untuk mempercayai karyawannya, dan membiarkan mereka berkreasi untuk menyelesaikan semua tugas yang diberi.

Nah, kalau kamu memiliki bos seperti tadi, akan ada baiknya untuk terus mengkomunikasikan progress dari apa yang kamu kerjakan, minimal satu kali seminggu. Dengan begitu, kemungkinan kamu untuk salah langkah pun akan berkurang. Dan bos bisa melihat jika kamu sangat sungguh-sungguh dalam bekerja.

Selalu siapkan jawaban yang bagus untuk pertanyaan-pertanyaan seputar pekerjaan

Ini memang sulit. Namun bisa kamu miliki dengan cara terus menambah wawasan terkait ranah pekerjaanmu. Biarkan diri kamu menjadi andalan atasan, saat ia membutuhkan feedback atau solusi dari beberapa masalah yang datang.

Yang pasti, jangan pernah bilang tidak tahu, kecuali memang benar-benar tidak tahu. Karena ini akan menunjukkan bahwa kamu kurang mengeksplor ranah pekerjaanmu, dan enggan mengikuti perkembangan yang mengiringinya.

Lagipula, dengan memiliki jawaban yang menarik untuk setiap permasalahan di pekerjaanmu, kamu akan memiliki kesempatan untuk membangun hubungan profesional yang lebih baik dengan atasan. Impian jadi karyawan favorit pun pelan-pelan akan segera tercapai.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan