Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Desember 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Tips Menjawab Pertanyaan: Di Mana Kamu Melihat Dirimu 5 Tahun ke Depan?”

Interview untuk mendapat pekerjaan baru.ilustrasi. (dok. the ladders)

Topcareer.id – Fresh graduate hingga professional yang sedang berburu pekerjaan, mungkin akan menemui pertanyaan interview: “Di mana Anda melihat diri Anda dalam 5 tahun ke depan?” Atau setidaknya satu kali dalam kariermu.

Mengutip Glassdoor, perusahaan sering menanyakan pertanyaan ini sebagai cara untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang tujuan masa depan kandidat dan bagaimana tujuan tersebut selaras dengan posisi yang dilamar.

Mengapa perekrut bertanya ‘di mana Anda melihat diri Anda dalam lima tahun?’

Ketika seorang pewawancara bertanya tentang tujuan profesionalmu untuk lima tahun ke depan, mereka melakukannya untuk mendapatkan pemahaman tentang beberapa hal yang berbeda. Mereka sering ingin mempelajari hal-hal berikut:

Jika kamu akan bertahan dengan perusahaan setidaknya selama lima tahun

Bergantung pada pekerjaan yang kamu lamar, lama waktu seorang karyawan biasanya bertahan di posisi itu akan bervariasi. Semakin lama karyawan bertahan dalam suatu posisi, semakin sedikit perputaran dan biaya terkait perputaran yang harus dikhawatirkan perusahaan.

Jika tujuanmu cocok dengan apa yang dapat ditawarkan oleh pemberi kerja

Kamu mungkin memiliki beberapa tujuan bagaimana kamu ingin berkembang dalam posisi yang kamu lamar. Misalnya, jika kamu melamar posisi entry-level tetapi ingin naik ke posisi manajemen selama lima tahun ke depan, pewawancara dapat memberikan informasi apakah itu kemungkinan di perusahaan tertentu itu.

Bagaimana menjawab ‘di mana Anda melihat diri Anda dalam lima tahun?’ dalam sebuah wawancara

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan dan menjawab pertanyaan wawancara ini:

Baca juga: Studi Baru: Stres Yang “Tepat” Bisa Bantu Lebih Bahagia Di Tempat Kerja

Perjelas tentang tujuan kariermu

Luangkan waktu untuk memikirkan apa tujuan kariermu untuk lima tahun ke depan. Apakah kamu ingin mendapatkan keterampilan baru? Apakah kamu tertarik untuk akhirnya pindah ke posisi manajerial? Apakah kamu ingin mengerjakan proyek tertentu? Apakah kamu tertarik untuk bekerja di industri tertentu?

Kamu juga bisa menjawab pertanyaan ini dengan memikirkan apa yang ingin kamu lihat di resumemu dalam lima tahun. Apakah kamu ingin mendapatkan sertifikat tertentu atau memegang jabatan tertentu?

Temukan koneksi antara tujuanmu dan deskripsi pekerjaan

Untuk membantu menghubungkan tujuanmu dengan pekerjaan yang kamu lamar, lihat deskripsi pekerjaan dan lihat apakah kamu dapat menemukan sifat dan keterampilan yang sudah kamu miliki serta yang ingin kamu dapatkan lebih banyak pengalaman.

Ini akan memungkinkanmu untuk mengaitkan tujuanmu dengan posisi yang kamu lamar dalam wawancara.

Tanyakan pada dirimu apakah perusahaan dapat mempersiapkanmu untuk tujuan kariermu

Penting untuk jujur tentang apakah perusahaan tempatmu melamar dapat mempersiapkanmu untuk tujuan kariermu selama lima tahun ke depan.

Jika tidak bisa, kamu mungkin ingin mempertimbangkan kembali posisi tersebut atau memberi tahu pemberi kerja sebelumnya bahwa kamu mungkin tidak akan bekerja di perusahaan itu setidaknya selama lima tahun.

Tinggalkan Balasan