Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Desember 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

7 Tips Atasi Rasa Takut Hadapi Pekerjaan Baru (Bagian 2)

Sumber foto: freepik.comSumber foto: freepik.com

Topcareer.id Mengetahui bagaimana sistem di tempat kerja berfungsi, kepada siapa kamu bisa meminta bantuan, dan cara kerja budaya perusahaan memungkinkan kamu menghindari perasaan takut melakukan kesalahan.

Setiap pekerjaan baru membutuhkan pembelajaran bagaimana organisasi yang berbeda beroperasi, bagaimana karyawannya berinteraksi dan bagaimana kamu bisa menjadi anggota komunitas profesional baru yang sukses.

Banyak orang mendasarkan ketakutan pada campuran kemungkinan rasional dan kekhawatiran irasional.

Misalnya, kamu mungkin takut akan kemungkinan merasa malu saat membuat kesalahan dalam peran baru.

Mengatasi rasa takut ini membutuhkan penerimaan bahwa pekerjaan baru datang dengan tantangan dan memikirkan kekhawatiran tidak produktif itulah yang membuat peluang baru tampak menakutkan.

Berikut ini tujuh tip untuk membantu kamu merasa siap untuk mengatasi rasa takut.

Lanjutan dari bagian pertama artikel:

5) Teliti peluang yang kamu minati
Kamu bisa langsung mengatasi beberapa ketakutan tentang lingkungan kerja di masa depan dengan penelitian.

Misalnya, jika kamu ingin menyesuaikan diri dengan kolega baru atau menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan, gunakanlah jejaring sosial profesional dan situs ulasan perusahaan untuk lebih memahami dengan siapa kamu akan bekerja dan bagaimana tempat kerja beroperasi.

Mantan dan karyawan saat ini bisa memberikan wawasan yang jujur ​​​​di forum ini yang merinci apa yang dapat kamu harapkan.

Hal ini bisa mengurangi ketidakpastian yang mengarah pada rasa takut.

6) Carilah nasihat profesional
Ada berbagai sumber daya profesional untuk membantu tantangan perubahan pekerjaan. Bergantung pada penyebab utama ketakutanmu, kamu mungkin mencari konselor karier yang memiliki keahlian untuk membantu membimbingmu melalui perubahan pekerjaan.

Kamu juga bisa melakukan wawancara informasi atau percakapan informal dengan para profesional di bidang atau yang kamu minati.

Mereka dapat memberi jawaban yang paling relevan dan terkini untuk pertanyaanmu dan membantumu lebih memahami seperti apa peran profesional yang baru nantinya.

Baca juga: Takut Nyesel Sama Pekerjaan Baru? Ajukan Pertanyaan Ini Saat Interview

7) Kembangkan keterampilan
Ketakutan perubahan pekerjaan yang umum adalah bahwa kamu akan berjuang untuk memenuhi ekspektasi dalam peran baru.

Sebagian besar pekerjaan membutuhkan pembelajaran beberapa keterampilan atau informasi baru untuk sukses.

Namun, dengan hati-hati meninjau tugas yang tercantum dalam deskripsi pekerjaan yang relevan dengan pencarianmu, kamu bisa mengidentifikasi keterampilan apa yang sudah kamu miliki dan apa yang belum.

Dengan secara aktif mempersiapkan perubahan pekerjaan, kamu akan memberdayakan diri sendiri untuk memiliki kendali atas situasi dan meminimalkan kesulitan dalam memulai peran baru.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan