Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Februari 3, 2023
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

9 Tips Tetap Bugar Saat Terus Begadang Nonton Piala Dunia

fifa-world-cup-22

Topcareer.id – Tak hanya pecinta bola, hampir tiap orang saat ini pasti menikmati kompetisi sepak bola terbesar, Piala Dunia 2022. Jika sudah mengikuti acara pertandingan, mau tidak mau ada kalanya menonton siaran di jam malam alias begadang.

Dibutuhkan sistem kekebalan tubuh yang baik jika ingin mengikuti jadwal siaran Piala Dunia 2022 karena bila sistem kekebalan tubuh melemah, maka seseorang akan lebih mudah terserang penyakit.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya, Dede Nasrullah membagikan sejumlah tips agar sistem kekebalan tubuh tidak turun saat begadang nonton Piala Dunia.

1. Luangkan waktu tidur siang

Menurut Dede, meluangkan waktu untuk tidur siang pada jam istirahat selama 30–60 menit penting dilakukan. Namun, usahakan untuk tidak terlalu lama agar tidak pusing setelahnya.

2. Konsumsi minuman kafein

Untuk mengatasi rasa kantuk yang muncul akibat bergadang, seseorang bisa mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh. Akan tetapi tetap tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman kafein berlebihan. Batas wajar tubuh mendapatkan asupan kafein adalah 400 miligram atau sekitar 4 cangkir kopi seduh setiap harinya.

3. Olahraga ringan

“Ketiga lakukan olahraga ringan, berolahraga ringan mulai dari 15 sampai 30 agar tubuh selalu bugar, seseorang disarankan juga untuk berolahraga 1 minggunya melakukan minimal 150 menit,” kata Dede dikutip dari laman resmi UM Surabaya, Senin (28/11/2022).

4. Konsumsi buah dan sayur

Mengkonsumsi sayur dan buah dapat membuat tubuh cepat kenyang dan tahan lapar dalam waktu beberapa jam. Sehingga tidak memakan cemilan yang kurang sehat pada malam hari yang bisa membuat tubuh menjadi rusak.

Baca juga: Ini Tanda Parfum Kamu Sudah Kedaluwarsa

5. Sesuaikan pencahayaan

Saat lelah sebagian orang lebih memilih memadamkan lampu agar bisa beristirahat dengan nyenyak. Kegelapan ini justru memberi isyarat pada tubuh untuk melepaskan melatonin, yaitu hormon yang memicu rasa kantuk.

“Namun, jika seseorang tetap ingin terjaga setelah bergadang, usahakan untuk selalu berada di ruangan yang terang,” ujar Dede.

6. Konsumsi makanan tinggi protein

Dede mengimbau untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi protein hewani, seperti telur, ikan, ayam dan daging yang tidak menggunakan lemak.

7. Konsumsi vitamin

Menurut Dede, asupan gizi bisa didapatkan dari vitamin selain dari makanan. Kegiatan begadang sendiri berpotensi akan menurunkan daya tubuh, sehingga penting untuk membiasakan untuk mengkonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tubuh. Seseorang bisa mengkonsumsi vitamin C dan D.

8. Konsumsi air putih dan madu

Ketika begadang sangat membutuhkan stamina yang prima, karena saat begadang menyebabkan energi terkuras banyak. “Untuk mendapatkan stamina yang baik dan prima, salah satunya dapat melalui bantuan air putih dan madu, keduanya amat berguna buat meningkatkan daya tahan tubuh ketika dikonsumsi,” imbuhnya.\

9. Hindari mandi langsung setelah begadang

Ia menyampaikan, mandi pagi memang bagus untuk kesehatan dan kesegaran tubuh. Tapi jika seseorang begadang, lebih baik hindari langsung mandi setelah begadang pada pagi harinya karena bisa memicu penyakit flu.

Tinggalkan Balasan