Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Februari 3, 2023
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

8 Hal Kasar yang Bisa Kamu Lakukan Terhadap Rekan Kerja Sebelahmu (Bagian 1)

Tisp bekerja dengan rekan kantor yang nyebelin.Ilustrasi. (dok. NYC Offices Suites)

Topcareer.id – Duduk di sebelah rekan kerja, akan membuat seseorang paham akan kebiasaannya. Tapi, tidak semua dari kita menyukai apa yang kita dengar, cium, dan lihat. Biasanya kamu bisa secara halus menjauhkan diri dari rekanmu yang menyebalkan, tapi lebih sulit mengabaikan tetangga meja yang kasar.

“Perilaku kantor yang kasar adalah tentang ketidakpekaan terhadap orang lain. Mulai dari yang tidak sadar hingga yang benar-benar jahat,” kata Monique Valcour, seorang pelatih eksekutif, mengutip dari laman HuffPost.

Berikut ini hal-hal paling kasar yang bisa kamu lakukan terhadap rekan kerja yang duduk di dekatmu, menurut pakar karier dan etiket.

1. Menunjukkan sakit di kantor

“(Salah satu hal yang paling kasar adalah) tiba di tempat kerja sakit secara fisik, batuk, dan bersin sepanjang hari dan menyebutnya ‘hanya alergi’,” tulis Diane Gottsman, pakar etiket dan pendiri The Protocol School of Texas.

Lebih lanjut ia mengatakan, apakah itu batuk tidak berbahaya atau merupakan tanda masalah kesehatan yang lebih dalam, kebanyakan orang sangat sensitif ketika sakit dan harus beristirahat.

“Ketika seseorang muncul untuk bekerja sakit secara fisik, itu adalah tanda bahwa mereka tidak menghargai kesehatan dan perasaan orang lain,” kata dia.

2. Meninggalkan barangmu di meja orang lain

“Memindahkan dan menyimpan barang dan material kerja di ruang kerja khusus orang lain tidak sopan karena ada sikap atau asumsi bahwa semua area di kantor 100% dapat diakses dan tersedia untuk digunakan oleh seseorang, meskipun area tersebut secara khusus didedikasikan untuk digunakan oleh orang lain,” ucap Rashelle Isip, konsultan produktivitas.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Ganti Pekerjaan Tanpa Merugikan Karier?

Bahkan, kata dia, jika ruang kerja tidak tertutup di dalam dinding atau pintu fisik atau berada di tempat yang dekat, memindahkan dan menyimpan barang-barang misalnya, sama dengan membuka pintu ke ruang tertutup seseorang di kantor.

3. Memainkan musik tanpa headphone

“Tidak ada yang mau mendengar musikmu karena itu sangat mengganggu. Selain itu, tidak semua orang menyukai musikmu. Jadi memaksa mereka untuk mendengarkan genre musik yang tidak mereka sukai itu menyiksa dan tidak sopan,” kata Pattie Ehsaei, wakil presiden senior untuk bank nasional besar di AS.

4. Membagikan gosip dan suara tubuh

“Suara yang tidak diinginkan dari rekan kerja adalah salah satu keluhan yang paling sering saya dengar dari orang yang bekerja di kantor. Baik itu musik, acara bincang-bincang radio, panggilan telepon, percakapan dengan rekan kerja lain, atau suara tubuh seperti mengunyah atau napas berat, suara yang tidak diinginkan di lingkungan kerjamu dapat membuatmu sulit berkonsentrasi pada pekerjaan,” tulis Valcour.

Menambahkan, kadang-kadang isi dari apa yang kamu dengar bisa mengganggu, seperti rekan kerja yang memberikan gambaran yang jelas tentang gangguan lambung mereka. Headphone peredam bising bisa menjadi anugerah untuk memblokir suara yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan