Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Thursday, November 21, 2024
idtopcareer@gmail.com
Profesional

10 Aplikasi Terbaik Untuk Dukung Kerja Remote (Bagian 1)

Sumber foto: freepik.comSumber foto: freepik.com

Topcareer.id – Banyak pekerja jarak jauh menyebut rumah mereka sebagai kantornya. Tentunya jika bekerja remote atau jarak jauh maupun dari rumah, kamu harus memaksimalkan produktivitas.

Ada beragam tools pendukung yang bisa membantu kamu makin produktif saat bekerja remote, semuanya hadir dengan versi gratis atau menawarkan opsi berbayar dengan harga terjangkau.

Mengutip venturehrbour.com, berikut ini pilihan tools yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas saat kerja remote.

Bagian pertama dari artikel

1) Spark (Mac, iOS, Android)
Spark adalah klien email cerdas yang secara otomatis mengumpulkan dan mengategorikan email dari setiap akun.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk memprioritaskan Email yang paling penting dan menyaring Email yang tidak.

Fitur utama:
Smart inbox, Smart notifications, Assign emails, Team email, Send emails later, Reminders

Spark juga mengemas banyak alat kolaborasi, memungkinkan anggota tim untuk bekerja pada email yang sama dari jarak jauh, secara real time.

Versi gratis Spark sudah lebih dari cukup untuk pekerja jarak jauh individual dan juga untuk tim kecil.

2) Calendar (iOS, Android, aplikasi web)
Meskipun Google Kalender adalah kalender digital gratis yang hebat, namun tidak menyediakan beberapa fitur canggih yang biasanya dibutuhkan pekerja remote.

Alternatif yang lebih kaya fitur adalah aplikasi Calendar yang bisa menghubungkan semua kalender kamu ke satu interface.

Fitur utama:
One calendar, Synced events, Easy scheduling, Analytics, Meeting transcriptions

Selain mengintegrasikan semua aplikasi kalender kamu, fitur unggulan Calendar adalah caranya menangani rapat.

Daripada mengatur obrolan video atau pertemuan lainnya dengan email yang memusingkan, Calendar memungkinkan siapa saja untuk memilih dan memesan waktu rapat selama jam ketersediaan sambil memastikan tidak ada konflik dengan rapat atau tugas yang ada.

3) Google Drive (Windows, Mac, iOS, Android & web)
Google Drive adalah alternatif cloud tanpa embel-embel untuk Microsoft Office tetapi dan lebih bermanfaat bagi pekerja jarak jauh.

MS (Word, Excel, dll.) Secara teratur macet di Mac. Dengan Google Drive, masalah ini hilang.

Satu-satunya kelemahan nyata adalah kamu benar-benar harus online untuk menggunakan Google Drive dan Google Documents.

Fitur utama:
Documents, Cloud storage, Collaboration.

Bagi sebagian besar pekerja jarak jauh, versi gratis Google Drive lebih dari cukup. Ruang standar 15GB disediakan secara gratis.

Baca juga: Bukan Remote Working, Ini Prioritas Utama Gen Z Milih Tempat Kerja

4) Daywise (Android)
Serene bisa memblokir gangguan saat kamu bekerja, tetapi kekhawatiran terbesar yang dikutip pekerja jarak jauh adalah sulit menutup aplikasi pekerjaan sehingga memakan banyak waktu.

Daywise memungkinkan untuk melakukan ini dengan menjadwalkan opsi otomatis pada aplikasi tertentu.

Fitur utama:
Schedule notifications, Batch scheduling, Inbox, VIPs, Phone usage reports.

Daywise mengendalikan notifikasi telepon dan mencegahnya menghalangi pekerjaan sementara juga mencegah pekerjaan menghalangi kehidupan pribadi.

Satu-satunya kekurangan adalah bahwa aplikasi ini hanya tersedia di ponsel Android.

5) Zapier (Windows, Mac, iOS, Android & web)
Zapier adalah alat otomatisasi sederhana yang akan menghemat waktu tanpa henti untuk tugas yang berulang.

Pada dasarnya, Zapier mengirim data antara aplikasi seperti Gmail dan Google Drive sehingga lampiran email diunggah secara otomatis untuk akses jarak jauh.

Fitur utama:
Integrate apps, Automate tasks, Zaps, Custom automations.

Otomasi adalah alat yang paling penting untuk memaksimalkan produktivitas dan Zapier adalah pengantar termudah yang akan kamu masuki dalam teknologi yang penting.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply