Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Februari 1, 2023
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Sejarah Piala Dunia Qatar: Laga Jerman-Kosta Rika Dipimpin Wasit Perempuan

Wasit perempuan di Piala Dunia Qatar 2022, Frappart. (source: FIFA)Wasit perempuan di Piala Dunia Qatar 2022, Frappart. (source: FIFA)

Topcareer.id – Stephanie Frappart akan membuat sejarah besar di dunia sepak bola pada Piala Dunia 2022 Qatar. Pasalnya, pada Kamis (1/12/2022), ia akan menjadi wasit wanita pertama pada pertandingan Piala Dunia pria.

Bersama asisten Neuza Back dari Brasil dan Karen Diaz dari Meksiko, wanita Prancis itu akan menjadi bagian dari trio wasit wanita yang akan memimpin Kosta Rika vs. Jerman dalam pertandingan Grup E mereka.

“Kamis ini, trio wasit yang semuanya perempuan akan memimpin pertandingan putra @Piala Dunia FIFA untuk pertama kalinya. Stéphanie Frappart akan bergabung dengan asisten Neuza Back dan Karen Diaz dalam mengawasi @fedefutbolcrc melawan @DFB_Team,” tulis akun Twitter resmi FIFA pada Rabu (30/11/2022).

Sepanjang karirnya, Frappart telah mencapai serangkaian pengalaman pertama yang tampaknya tak ada habisnya.

Pada tahun 2019, ia menjadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Ligue 1, pada Agustus 2019 yang pertama memimpin pertandingan utama pria Eropa, dan pada tahun 2020, yang pertama memimpin pertandingan Liga Champions UEFA pria.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Lulusan Teknik Perkapalan

“Saya tahu bahwa hidup saya berubah setelah 2019 karena kebanyakan orang mengenali saya di jalanan,” kata Frappart dikutip dari laman CNN.

“Jadi saya seperti panutan, untuk wasit wanita, tetapi saya pikir itu (juga) menginspirasi beberapa wanita di masyarakat atau di perusahaan untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab.”

Frappart juga telah menjadi ofisial keempat dalam dua kesempatan – menjadi ofisial wanita pertama pada pertandingan Piala Dunia pria di Meksiko vs. Polandia. Mukasanga dan Yamashita juga menjadi ofisial keempat di dua dan empat pertandingan Piala Dunia ini.

“Saya sebenarnya merasakan emosi yang sangat besar karena sebenarnya saya tidak berekspektasi bahwa saya dinominasikan. Jadi saya merasa sangat bangga, sangat terhormat untuk mewakili Perancis dalam piala dunia 2022,” tutur Frappart dalam situs resmi FIFA.

Dalam laman resminya, FIFA menulis bahwa wasit Prancis Stéphanie Frappart telah ditunjuk sebagai wasit sentral untuk Jerman – Kosta Rika. Dia akan menjadi wanita pertama yang memenuhi peran ini dalam pertandingan Piala Dunia FIFA.

Tinggalkan Balasan