Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Risiko Kerja Shift Malam: Asma Sedang Hingga Berat

Sumber foto: conferencecall.co.ukSumber foto: conferencecall.co.uk

Topcareer.id – Ada beberapa bidang pekerjaan yang mengharuskan karyawannya untuk melakukan shift malam. Dan kabar buruk bagi night owl professional ini bahwa bekerja shift malam untuk waktu yang lama terkait dengan peningkatan risiko asma sedang hingga berat, menurut studi terbaru.

Hal ini terbukti benar terutama di kalangan pekerja shift malam permanen. Bekerja shift malam secara teratur mungkin terdengar aneh bagi pekerja 9-5, tetapi diperkirakan bahwa sekitar satu dari lima karyawan yang tinggal di negara-negara industri bekerja dengan jadwal shift malam semi-reguler.

Sekarang, kerja shift malam yang teratur sudah pasti akan mengacaukan ritme sirkadian seseorang (jam tubuh yang memberitahu kita untuk tidur di malam hari dan bangun di pagi hari).

Meskipun sebagian besar pekerja shift malam mungkin akan memberi tahumu bahwa mereka tidak keberatan tidur di siang hari saat semua orang bekerja, ritme sirkadian yang tidak selaras telah lama dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan seperti kanker dan masalah kardiovaskular.

Dikutip dari The Ladders, untuk proyek ini, para peneliti ingin menyelidiki apakah kerja shift malam berdampak pada risiko dan tingkat keparahan asma juga. Studi ini merupakan upaya kolaboratif oleh peneliti Amerika dan Inggris dari beberapa institusi (University of Oxford, Harvard Medical School).

Tim peneliti juga yakin untuk menganalisis tingkat asma di antara early bird (orang yang produktif di pagi hari) dan night owl (orang yang produktif saat malam) yang bekerja pada shift malam. Kemungkinan genetik setiap orang terkena asma juga dipertimbangkan.

Studi yang dirilis di Thorax ini menyebut, dataset yang sangat besar yang berisi informasi gaya hidup, medis, dan pekerjaan untuk 286.825 orang dewasa (usia 37-72) digunakan untuk penelitian ini. Data itu dikumpulkan antara 2007 dan 2010.

Baca juga: Tips Tetap Fokus Saat Bekerja Di Hari Libur

Di antara semua orang itu, 83% bekerja tradisional 9-5 jam, sementara 17% melaporkan bekerja dalam shift. Di antara peserta yang bekerja shift tersebut, lebih dari setengah (51%) bekerja pada shift malam.

Secara umum, pekerja shift malam cenderung laki-laki, minum lebih sedikit alkohol, tidur lebih sedikit, tinggal di lingkungan yang lebih miskin, dan lebih cenderung merokok. Mungkin yang lebih penting, pekerja shift malam juga ditemukan memiliki kesehatan yang lebih buruk secara keseluruhan.

Secara keseluruhan, sekitar 5% dari peserta (14.238) mengembangkan asma, dengan 4.783 kasus menjadi sedang atau berat.

Setelah menghitung angka dan memperhitungkan faktor risiko lain (usia, jenis kelamin), para peneliti menyimpulkan bahwa pekerja shift malam tetap 36% lebih mungkin mengembangkan asma sedang hingga berat dibandingkan dengan orang yang bekerja pada jam normal.

Khususnya, orang yang secara alami melakukan early bird ditemukan 55% lebih mungkin mengembangkan asma jika mereka mendapati diri mereka bekerja secara teratur dengan jam kerja yang tidak teratur.

Namun, yang mengejutkan, risiko asma genetik tampaknya tidak memengaruhi tingkat asma di antara pekerja shift.

Penulis studi tersebut memperingatkan bahwa penelitian mereka pada akhirnya bersifat observasi, dan karenanya tidak dapat memastikan penyebabnya. Namun, mereka berteori bahwa kemungkinan ketidaksejajaran sirkadian yang disebabkan oleh shift malam yang berkepanjangan memicu timbulnya asma.

“Menariknya, kronotipe berubah seiring bertambahnya usia, melewati masa remaja dan kemudian lebih awal seiring bertambahnya usia, menunjukkan bahwa orang yang lebih tua mungkin merasa lebih sulit untuk menyesuaikan diri dengan kerja shift malam daripada orang dewasa yang lebih muda,” tulis penelitian tersebut.

Leave a Reply