Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Februari 1, 2023
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

6 Cara Menjadi Bahagia di Tempat Kerja (Bagian 2)

Sumber foto: freepik.comSumber foto: freepik.com

Topcareer.id – Banyak perusahaan memberikan berbagai tunjangan di tempat kerja, mulai dari makanan gratis hingga area olahraga dalam ruangan demi meningkatkan kebahagiaan karyawannya di tempat kerja.

Ini adalah bisnis yang bagus. Karyawan yang bahagia akan lebih produktif dan termotivasi, serta lebih mungkin bertahan lama dengan perusahaan.

Tetapi bahkan tanpa pemberi kerja memberikan tunjangan mewah, karyawan dapat menciptakan rasa bahagia mereka sendiri di tempat kerja.

Kamu juga bisa meningkatkan kebahagiaan di tempat kerja dengan berbagai strategi yang bisa kamu lakukan sehari-hari seperti berikut ini.

Lanjutan dari bagian pertama artikel:

4) Buat Komitmen yang Kamu Mampu Pertahankan
Salah satu penyebab stres dan ketidakbahagiaan kerja yang paling serius adalah gagal memenuhi komitmen.

Dalam banyak kasus, karyawan menghabiskan lebih banyak waktu membuat alasan untuk gagal menjaga komitmen dan mengkhawatirkan konsekuensi dari tugas yang tidak selesai daripada yang mereka habiskan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Untuk mengelola tingkat stres dan meminimalkan ketidakbahagiaan di tempat kerja, buat sistem untuk melacak komitmen dan mengelola jadwal kerja kamu.

Tetaplah teratur sehingga kamu bisa menilai dengan cepat dan akurat apakah kamu benar-benar mampu berkomitmen pada permintaan atau tugas baru dari atasan.

Jangan sukarela untuk pekerjaan tambahan atau tugas kantor jika kamu memang tidak punya waktu.

Jika beban kerja kamu secara teratur melebihi waktu dan energi yang tersedia, jangan menerima status quo yang tidak menyenangkan.

Bicaralah dengan rekan kerja untuk mengetahui apakah ada orang lain yang merasakan hal yang sama, kemudian bicarakan dengan atasan tentang bagaimana perusahaan bisa menyediakan bantuan.

5) Hindari Hal Negatif
Berpartisipasi dalam lingkungan kerja yang beracun akan meningkatkan ketidakbahagiaan kamu, tidak peduli seberapa besar kamu menikmati pekerjaanmu.

Memilih untuk bahagia di tempat kerja berarti sebisa mungkin menghindari percakapan negatif, gosip, dan hubungan kerja yang tidak sehat.

Tidak peduli seberapa positif perasaanmu, orang-orang negatif akan berdampak besar pada kesehatan jiwa kamu.

Jika kamu menemukan bahwa kelompok tertentu di tempat kerja lebih cenderung terlibat dalam perilaku negatif, cobalah untuk menjauhkan diri.

Jika itu tidak memungkinkan, lakukan yang terbaik untuk mengarahkan percakapan ke topik yang lebih positif.

Baca juga: Studi Baru: Stres yang “Tepat” Bisa Bantu Lebih Bahagia di Tempat Kerja

6) Berteman
Apakah kamu memiliki sahabat di tempat kerja? Karyawan yang melaporkan memiliki persahabatan yang kuat di tempat kerja, apakah persahabatan itu terbawa atau tidak ke dalam kehidupan luar mereka, namun mereka akan cenderung lebih bahagia dan termotivasi di tempat kerja.

Karyawan menghabiskan banyak waktu di tempat kerja, menikmati waktu bersama rekan kerja adalah salah satu ciri pengalaman kerja yang positif.

Merasa dipahami dan dihargai bahkan oleh satu rekan kerja, terutama jika itu adalah seseorang yang sering berinteraksi dengan kamu, bisa meningkatkan kebahagiaan harianmu di tempat kerja secara signifikan.

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan