Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Distraksi Konyol yang Tingkatkan Fokus Kerja: Nonton Video Kucing Lucu

menonton video lucu. (Pexels)

Topcareer.id – Untuk meningkatkan fokus kerja dan produktivitas kadang datang dari hal-hal yang tak terduga, missal menonton video lucu. Ketika kamu lagi banyak kerjaan dan deadline yang serba mepet, tiba-tiba kamu melihat video kucing lucu di kotak masukmu. Lanjutkan saja untuk menontonnya sebentar.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh tim peneliti internasional mengatakan untuk melakukannya – menonton video lucu singkat sebenarnya akan baik untukmu dan membantumu mengatur ulang.

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Work & Stress ini menunjukkan bahwa mengambil istirahat singkat dan positif dalam situasi yang menuntut pengendalian diri tingkat tinggi dapat membantu mengisi kembali sumber daya internalmu.

Dengan kata lain, ini dapat membantu mengisi ulang kreativitas, motivasi, dan keterlibatanmu dengan pekerjaanmu dan orang lain. Anggap saja seperti memasukkan gas ke dalam tangki otakmu.

Mengerahkan kontrol diri terus-menerus menguras tenaga

Kita menggunakan kontrol diri di tempat kerja dan tempat lain di mana kita sering dipaksa untuk merespons dengan cara yang berbeda dari cara kita merasakan, berpikir, atau berperilaku secara spontan.

“Tuntutan pengendalian diri adalah semua tuntutan pekerjaan yang mengharuskanmu untuk menghambat, mengesampingkan, atau menyesuaikan dorongan atau respons otomatismu untuk menyelesaikan pekerjaan secara memadai,” kata Vera Schweitzer, mahasiswa doktoral dari WHU—Otto Beisheim School of Management di Jerman, yang memimpin penelitian, mengutip Healthline.

Contoh tuntutan pengendalian diri mungkin termasuk:
mengendalikan amarahmu saat berhadapan dengan pelanggan atau rekan kerja yang tidak ramah
mengerjakan tugas yang sulit
mengerjakan tugas yang membosankan atau mengganggu

Baca juga: Menurut Penelitian Baru, Ini Kesalahan Umum Saat Interview Kerja Virtual

“Apa yang sangat menguras tenaga tentang hal ini adalah upaya pengendalian diri (misalnya, saat kamu mencoba mengendalikan amarah atau mengatasi penolakan batin) adalah proses yang sangat melelahkan yang menghabiskan dan menghilangkan sumber daya pribadi karyawan,” kata Schweitzer.

Sedikit kepositifan dapat dengan mudah mengisi ulang dirimu

Mengalami sedikit kepositifan — yaitu, merasakan emosi positif seperti kebahagiaan — membantu memulihkan sumber daya internalmu.

“Ini berakar pada efek psikologis yang disebut ‘efek kehancuran’ dari emosi positif, yang menyatakan bahwa emosi positif memungkinkan individu melepaskan diri dan pulih dari pengalaman negatif sebelumnya, seperti tuntutan pengendalian diri,” kata Schweitzer.

Misalnya, jika kamu menonton video lucu tepat setelah beberapa jam bekerja intensif, emosi positif akan membantu kamu memulihkan sumber daya regulasi tanpa mengharuskanmu melakukan apa pun secara aktif.

Leave a Reply