Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Ini Jenis Pekerja Industri Teknologi yang Kemungkinan Besar Kena PHK

Dok/Joblagi.InDok/Joblagi.In

Topcareer.id – Dulu ada anggapan bahwa bekerja di industri teknologi informasi (information and technology/IT) punya banyak keistimewaan dan seperti punya status khusus di atas pekerja di industri lain. Tapi, setelah banyaknya PHK di industri IT, anggapan itu tentu sudah berakhir sekarang.

Industri IT sendiri saat awal-awal hype, pekerjanya mendapat gaji yang lebih kompetitif, tunjangan yang tak tertandingi, dan tingkat keamanan kerja yang tinggi.

“Ingat ketika IT akan menciptakan ekonomi baru, dan cara hidup baru? Ternyata IT hanyalah sebuah industri, dan semua yang terjadi di manufaktur atau sektor lainnya akan terjadi di sini juga. IT bukan sihir lagi; itu hanyalah komponen lain dari bisnis,” kata Profesional outsourcing IT, John Jenkins, mengutip laman Fast Company.

Banyaknya PHK baru-baru ini telah membawa industri yang sebelumnya berkembang pesat kembali ke bumi. Dalam beberapa bulan terakhir Meta, Twitter, Lyft, Stripe, dan Salesforce telah memangkas staf sebagai tanggapan atas perubahan kondisi ekonomi.

Menurut Layoffs.FYI, 140.000 pekerja teknologi telah kehilangan pekerjaan mereka sepanjang tahun ini, jauh melampaui tahun 2020 dan 2021. Laju pemutusan hubungan kerja di bidang teknologi juga meningkat, dengan lebih dari 48.000 dilaporkan di bulan November saja—empat kali lebih banyak dari bulan Oktober.

“Berita PHK baru-baru ini dari Meta, Salesforce, dan Amazon menunjukkan bahwa bahkan perusahaan teknologi yang paling sukses pun tidak lagi kebal,” kata pendiri Layoffs.FYI, Roger Lee.

Jenkins mengatakan PHK musim gugur ini telah membuatnya menyadari bahwa sektor ini tunduk pada tantangan yang sama yang mengancam orang lain.

Baca juga: Situs Belanja Online Elevenia Resmi Tutup

“Yang digantikan oleh otomatisasi—seringkali pekerja yang lebih tua—terlihat persis seperti pekerja pabrik yang kehilangan pekerjaannya, hanya saja mereka dibayar lebih banyak. Lihatlah tren industri lainnya, kompres sepuluh hingga 15 tahun, itulah yang akan terjadi pada IT.”

Peran teknologi yang paling rentan

Sama seperti pekerjaan khusus IT yang mulai menghilang, begitu pula peran lain di bidang teknologi. Menurut database Lee, ada dua departemen yang mengalami pemangkasan pada tingkat yang tidak proporsional dalam industri: Penjualan, dan perekrutan atau sumber daya manusia.

“Penjualan adalah peran yang paling umum, terhitung 20% dari pekerja teknologi yang diberhentikan. Perekrutan dan SDM adalah fungsi yang paling terpengaruh secara tidak proporsional dibandingkan dengan ukurannya; menjadi sangat umum bagi perusahaan untuk memberhentikan 50% atau lebih dari tim bakat mereka,” kata Lee.

Temuan tersebut konsisten dengan data yang diberikan oleh ZipRecruiter, yang juga menemukan perekrut, SDM, pemasaran, dan tenaga penjualan secara tidak proporsional terpengaruh oleh pemangkasan.

“Mereka memberhentikan orang dan mencoba mengurangi jumlah karyawan mereka, yang berarti mereka juga tidak berencana untuk mempekerjakan secara massal dalam waktu dekat, jadi mereka cenderung melakukan PHK di departemen perekrutan dan SDM,” kata kepala Ekonom ZipRecruiter, Sinem Buber.

“Pemasaran juga selalu lebih cenderung melihat PHK selama resesi dibandingkan dengan departemen yang menghasilkan pendapatan.”

Leave a Reply