Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, October 18, 2024
idtopcareer@gmail.com
Profesional

Seniman Ini Membuat Lukisan Menggunakan Darahnya Sendiri

Sumber foto: freepik.comSumber foto: freepik.com

Topcareer.id – Seniman Filipina Elito Circa memiliki darahnya sendiri di tangannya untuk membuat karya seni lukisan.

Circa menggunakan darah yang diambil dari pembuluh darahnya sendiri, pria berusia 52 tahun itu menghasilkan lukisan kanvas yang menuai pujian dan kritik karena pilihan mediumnya yang tidak biasa.

Lahir di rumah tangga berpenghasilan rendah dengan sedikit akses ke perlengkapan sekolah dan bahan seni, Circa menjelajahi berbagai media lukis, termasuk plum dan tomat.

Saat dia menggores dirinya sendiri, ketertarikannya melukis dengan menggunakan darah pun dimulai.

“Setiap kali melukis, saya akan menggunakan darah saya sendiri karena noda darah sulit dihilangkan,” kata Circa sambil mengusap kanvas putih menggunakan kuas yang dicelupkan ke dalam darah.

Sekarang, Circa pergi ke klinik kesehatan kota setiap tiga bulan sekali untuk diambil darahnya, biasanya ia mengambil 500 ml darah dari tubuhnya yang disimpan dalam pendingin di studionya untuk proyek masa depan.

Baca juga: Wow! Lukisan Abstrak Karya Seniman Ini Laku Terjual Rp 1 Triliun Lebih

“Karya saya sangat penting bagi saya karena berasal dari saya, dari darah saya sendiri, DNA saya adalah bagian darinya… Filosofi saya adalah bahwa hidup itu berputar dan semuanya adalah siklus, jadi (darah saya) adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai pengingat dari mana saya berasal,” kata Circa.

Setelah melukis mural berukuran 122 x 244 cm yang menggambarkan sejarah Pantabangan, kota tempat ia dibesarkan, Circa mengarahkan pandangannya pada proyek yang lebih ambisius.

Ia ingin menciptakan “lukisan darah” terbesar pada tahun 2023 di atas kanvas sepanjang 100 meter untuk mencetak rekor dunia.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply