Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Februari 1, 2023
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

WFH Bikin Lebih Malas Kerja? Ini Solusinya

Sumber foto: freepik.comSumber foto: freepik.com

Topcareer.id – Sejak pandemi COVID-19 bergulir, tren Bekerja di rumah atau work from home (WFH) semakin meningkat di kalangan pekerja profesional. Namun, terlalu banyak WFH justru bisa meningkatkan rasa malas.

Ada beberapa alasan kenapa kamu jadi lebih malas bekerja ketika terlalu lama berada di rumah.

Tapi tenang saja, masih ada solusi untuk mengatasi rasa malas bekerja kamu akibat WFH terlalu lama.

Burnout
Banyak penelitian menyebutkan bagaimana pekerja remote atau WFH lebih produktif daripada rekan-rekan mereka di kantor, karena mereka tidak memiliki jumlah gangguan yang hampir sama dengan yang ada di kantor.

Hal ini bisa membuatmu terlalu nyaman bekerja sehingga seringkali kamu sudah burnout tanpa kamu sadari karena merasa nyaman bekerja di rumah tanpa ada gangguan dari rekan kerja di kantor.

Solusinya, coba sadarkan pikiran bahwa kamu memang pantas dan perlu beristirahat.

Jika jadwal kamu menawarkan fleksibilitas semacam ini, cobalah siapkan meja kerja sendiri untuk bekerja di rumah, jangan bekerja di atas sofa atau kasur.

Bekerja jauh dari tempat nyaman tersebut akan membantumu untuk lebih fokus dan tubuhmu bisa lebih merasakan kapan kamu harus istirahat.

Terlalu lama di rumah
WFH terus menerus sangat bisa menyebabkan rasa bosan jika kamu tidak kreatif menyikapinya, ini akan membuatmu terbiasa bermalas-malasan.

Awalnya memang WFH terasa mengasyikan dan lebih mudah, tapi menatap lingkungan yang sama selama berminggu-minggu bahkan mungkin bertahun-tahun pada akhirnya bikin kamu mentok juga.

Solusinya cukup simple, pergilah ke luar rumah namun jangan terlalu jauh, berkeliling di sekitar rumah sebenarnya sudah cukup.

Sedikit perubahan pemandangan mampu memberikan keajaiban untuk menyegarkan perspektif dan motivasi kamu.

Gangguan dari orang rumah
Saat WFH, kamu mungkin terhindar dari gangguan kantor seperti rekan kerja yang datang secara tiba-tiba dan minta pertolongan.

Jangan berpikir bahwa lingkungan kerja di rumah benar-benar bebas gangguan. Anggota keluarga di dalamnya justru bisa seenak dengkulnya untuk memaksa kamu membantu pekerjaan rumah mereka dan ini bisa membuatmu jadi malas bekerja.

Untuk mengatasinya kamu perlu tahu tugas dari orang rumah yang mengganggumu itu dapat diselesaikan dalam waktu berapa lama? Jika hanya butuh waktu singkat, segera bereskan dan kembali bekerja.

Jika permintaan orang di rumah saat kamu pertimbangkan akan terlalu banyak menyita waktumu, komunikasikan dan negosiasikan dengan baik.

Itu akan jauh lebih baik daripada kamu mencoba menghindarinya atau memaksa diri mengerjakan perintah orang di rumah selama beberapa jam ke depan.

Waspadalah saat WFH, karena garis pemisah antara kehidupan profesional dan pribadi menjadi kabur.

Baca juga: Meski WFH, Jangan Biasakan Kerja di Kamar Tidur

Bekerja mengenakan baju rumahan atau baju tidur
Klise “working in your pajamas” adalah salah satu hal yang akan sering kamu dengar saat WFH.

Beberapa orang memang bekerja dengan masih mengenakan baju tidurnya dan bahkan belum mandi.

Bagaimana kamu bisa menghasilkan rasa antusiasme untuk menyelesaikan pekerjaan ketika masih menggunakan baju tidur dengan wajah yang masih kusam?

Cobalah luangkan waktu beberapa menit untuk setidaknya mencuci muka (jika kamu malas mandi), lalu menyikat gigi, dan mengenakan pakaian yang segar agar membuatmu lebih semangat untuk beralih ke mode kerja.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan