Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
SekolahTren

Biar Nggak Suram, Ini 4 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Cara memilih kampus yang tepat.Ilustrasi (Dok. LinkedIn)

Topcareer.id – Memilih jurusan kuliah tidak boleh sembarangan karena itu bisa menentukan masa depan karier. Perlu diingat bahwa pendidikan selama kuliah menjadi bekal utama untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Junaidi Fery Efendi Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI) UM Surabaya menyebut banyak sebagian besar orang justru tidak bekerja atau berkarier sesuai dengan jurusan kuliah yang mereka tempuh.

Dalam keterangan tertulis, Junaidi membagikan sejumlah tips cara memilih jurusan kuliah yang tepat agar seseorang bisa menikmati proses belajar dan mendapatkan hasil maksimal.

1. Mengenali minat dalam diri

Junaidi mengatakan, memahami minat dalam diri akan mempermudah seseorang untuk menemukan jurusan. Mulailah dengan menggali kebiasaan yang sering dilakukan selama ini.

“Jika minat dalam diri sudah ditemukan, seseorang akan menikmati proses belajar dengan menyenangkan. Seseorang dengan jurusan kuliah yang tepat akan lebih siap menghadapi berbagai tantangan,” kata Junaidi dikutip dari laman resmi UM Surabaya.

2. Lakukan tes kepribadian

Kamu bisa melakukan tes kepribadian sebelum memilih jurusan. Menurut Junaidi, pada usia belasan tahun, remaja masih belum menemukan jati dirinya yang sebenarnya, sehingga tes kepribadian ini akan mengukur dan memberikan gambaran umum tentang diri terkait berbagai hal.

Baca juga: Buat Mahasiswa, Pendaftaran Program Bangkit Sudah Dibuka

“Saat ini sudah banyak tes kepribadian yang bisa ditemukan, sehingga seseorang tidak perlu kesulitan untuk melakukan tes ini,” ujar Junaidi.

3. Minta masukan dari orangtua atau orang lain

Ia menyarankan untuk mendiskusikan dengan orang yang memiliki pengalaman tentang kegelisahan yang dialami. Sampaikan dengan jelas kebingungan yang dialami, lalu mintalah saran sehingga menemukan berbagai pertimbangan untuk menentukan pilihan jurusan.

4. Pilih jurusan yang tepat dan cocok

Ia menyampaikan, memilih jurusan kuliah yang tepat penting dilakukan sebagai pertimbangan yang matang dan tepat.

“Pastikan memilih jurusan kuliah sesuai minat, sehingga kelak bisa menikmati proses kuliah dan mendapatkan hasil yang maksimal,” pungkas Dosen Matematika tersebut.

Leave a Reply