Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 17, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

4 Skills Wajib Untuk Kuasai Bahasa Inggris

Sumber foto: freepik.comSumber foto: freepik.com

Topcareer.id – Bahasa Inggris telah menjadi salah satu skill yang paling penting untuk dikuasai di era global sekarang ini.

Sudah semakin banyak perusahaan yang memberi kriteria kepada para kandidatnya untuk mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Menurut seorang Muhammad Ridho Fadly (28), Academic Manager sekaligus trainer di camp pelatihan bahasa Inggris Kampunginggrism yang ada di Kampung Inggris Pare, Kediri, Jawa Timur, ada empat keterampilan wajib yang harus kamu miliki agar bisa menguasai bahasa Inggris.

“Bahasa inggris terdiri dari empat skills, yang pertama adalah listening, kedua speaking, ketiga reading, dan keempat writing.” Kata Ridho saat ditemui topcareer.id, Kamis (22/12)

Menurut Ridho, Keempat skills ini saling terkait dan tidak bisa dipisahkan.

Ridho menambahkan, dalam bahasa inggris ada dua proses yakni input dan output.

“Proses input ada listening dan reading, tidak akan mungkin ketika kita ingin mampu berbicara atau menulis bahasa inggris tanpa melakukan kedua hal ini.” Kata Ridho.

“Sementara itu untuk proses output terdiri dari speaking dan wiriting. Ketika kita ingin bicara bahasa inggris setelah banyak mendengar dan membaca, kita harus melakukan praktek dengan banyak berbicara.” Tambahya.

Tidak mudah untuk menjadi seorang trainer bahasa Inggris untuk mengajari siswanya agar tidak hanya sekedar bisa, namun juga harus lancar. Sebab, bisa dan lancar merupakan suatu hal yang berbeda.

Baca juga: Belajar Bahasa Asing, dari Mudah sampai Paling Sulit

“Sebagai pengajar, kita harus mengetahui bagaimana karakter orang yang kita ajari, ada yang motivasinya tinggi dan ada juga yang belajar hanya karena tuntutan, jadi tidak ada dorongan untuk belajar sungguh-sungguh.” Ujar Ridho.

Mengatasi hal semacam itu, Ridho memiliki solusinya sendiri yakni ketika mengajar ia selalu berangkat dari masalah setiap siswa yang ia ajari.

“Banyak orang yang belajar bahasa inggris sudah berusaha bertahun-tahun namun belum bisa juga. Saya berangkat dari masalah mereka, lalu saya rinci dan saya carikan solusi untuk mereka.” Ridho menjelaskan pada topcareer.id.

“Masalah paling umum adalah mental block, mereka takut salah saat berbicara, terlalu banyak berpikir, dari situ saya beri mereka motivasi bahwa belajar itu butuh proses, dan setiap belajar kita pasti mengalami kesalahan dan dari kesalahan itu kita bisa belajar untuk memperbaikinya dan menjadi lebih baik. Tuturnya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply