Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Februari 3, 2023
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Warga Finlandia-Negara Paling Bahagia, Nggak Pernah Lakukan 3 Hal Ini

BahagiaBahagia

Topcareer.id – Jika bicara soal negara paling bahagia, Finlandia selalu jadi yang pertama, bahkam selama lima tahun berturut-turut, menurut Wolrd Happines Report. Sebenarnya, apa kunci “bahagia” menurut warga Finlandia, sehingga negaranya menjadi negara paling bahagia dari tahun ke tahun.

Dalam laporan tahun 2022, orang-orang di 156 negara diminta untuk “menghargai hidup mereka hari ini dalam skala 0 hingga 10, dengan kemungkinan kehidupan terburuk sebagai 0”. Ini juga melihat faktor-faktor yang berkontribusi pada dukungan sosial, harapan hidup, kemurahan hati dan tidak adanya korupsi.

Frank Martela, seorang filsuf dan peneliti psikologi yang mempelajari dasar-dasar kebahagiaan membeberkan hal-hal yang tak pernah mereka lakukan sehingga bisa menjadi negara paling bahagia.

“Sebagai seorang filsuf Finlandia dan peneliti psikologi yang mempelajari dasar-dasar kebahagiaan, saya sering ditanya: Apa sebenarnya yang membuat orang-orang di Finlandia sangat puas dengan kehidupan mereka?” Tulis Martela dikutip dari laman CNBC Make It.

Berikut 3 hal yang tak pernah dilakukan oleh orang Finlandia:

1. Tidak membandingkan diri dengan tetangga

Martela mengatakan, ada kalimat terkenal dari seorang penyair Finlandia: “Kell’ onni on, se onnen kätkeköön.” Diterjemahkan secara kasar, artinya: Jangan membandingkan atau menyombongkan kebahagiaan Anda.

Orang Finlandia benar-benar memperhatikan hal ini, terutama jika menyangkut hal-hal materi dan tampilan kekayaan secara terbuka.

“Saya pernah bertemu dengan salah satu orang terkaya di Finlandia. Dia mendorong balita di kereta dorong menuju stasiun trem. Dia bisa saja membeli mobil mahal atau menyewa sopir, tetapi dia memilih transportasi umum,” kata Martela.

Tips kebahagiaan: Lebih fokus pada apa yang membuatmu bahagia dan kurangi terlihat sukses. Langkah pertama menuju kebahagiaan sejati adalah menetapkan standarmu sendiri, daripada membandingkan dirimu dengan orang lain.

Baca juga: 6 Cara Tingkatkan Sistem Imun Untuk Sepanjang Tahun

2. Tidak mengabaikan manfaat alam

Menurut survei tahun 2021, 87% orang Finlandia merasa bahwa alam penting bagi mereka karena memberikan ketenangan pikiran, energi, dan relaksasi.

Di Finlandia, karyawan berhak atas liburan musim panas selama empat minggu. Banyak dari kita menggunakan waktu itu untuk pergi ke pedesaan dan membenamkan diri di alam. Semakin sedikit fasilitas, bahkan sampai tidak ada listrik atau air mengalir di rumah, semakin baik.

Banyak kota Finlandia juga dibangun dengan padat, yang berarti banyak orang memiliki akses ke alam di depan pintu mereka. “Saya tinggal di sebelah Helsinki Central Park, tempat saya biasa berjalan-jalan,” ujarnya.

Tips kebahagiaan: Menghabiskan waktu di alam meningkatkan vitalitas, kesejahteraan, dan memberi kita rasa pertumbuhan pribadi. Temukan cara untuk menambahkan tanaman hijau ke dalam hidupmu, meskipun hanya membeli beberapa tanaman untuk di rumah.

3. Tidak merusak lingkaran kepercayaan komunitas

Penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan di suatu negara, semakin bahagia warganya. Eksperimen “dompet hilang” pada tahun 2022 menguji kejujuran warga dengan menjatuhkan 192 dompet di 16 kota di seluruh dunia. Di Helsinki, 11 dari 12 dompet dikembalikan ke pemiliknya.

“Orang Finlandia cenderung saling percaya dan menghargai kejujuran. Jika kamu lupa laptopmu di perpustakaan atau kehilangan ponselmu di kereta, kamu bisa yakin akan mendapatkannya kembali,” kata Martela.

Anak-anak juga sering pulang naik bus umum dari sekolah dan bermain di luar tanpa pengawasan.

Tips kebahagiaan: Pikirkan tentang bagaimana kamu dapat tampil untuk komunitasmu. Bagaimana kamu bisa menciptakan lebih banyak kepercayaan? Bagaimana kamu dapat mendukung kebijakan yang dibangun di atas kepercayaan itu? Tindakan kecil seperti membuka pintu untuk orang asing atau memberikan tempat duduk di kereta juga membuat perbedaan.

Tinggalkan Balasan