Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Biar Profesional, Ini 3 Mindset Penting yang Bisa Dipakai Saat Wawancara Kerja

Ilustrasi cara mengurangi gugup atau nerveous saat wawancara kerja.Ilustrasi cara mengurangi gugup atau nerveous saat wawancara kerja. (dok. the ladders)

Topcareer.id – Banyak ahli mengatakan bahwa jika kamu mengubah caramu memandang sesuatu, maka kamu akan melihat hal-hal di sekitar pun ikut berubah. Meski tampak seperti pernyataan klise, ada baiknya untuk memiliki pola pikir yang benar dan menggunakan pendekatan ini, terutama saat mempersiapkan wawancara.

Sikap alami dan profesional yang kamu miliki dapat berubah menjadi tegang, jika perilaku penuh kecemasan selama wawancara, dan pola pikirmu seperti itu. Ada cara di mana kamu dapat menempatkan diri di jalur yang benar menuju kesuksesan jika kamu bersedia membuat tiga perubahan pola pikir penting ini saat wawancara, melansir dari laman Ladders.

1. Anggap saja sebagai pertemuan bisnis

Salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan adalah buang kata “wawancara.” Sekarang, definisikan sebagai pertemuan bisnis, karena sejujurnya, pada dasarnya itulah yang ada dalam skema besar. Kamu adalah perwakilan, CEO, dari You Inc., peserta yang bersedia terlibat dalam percakapan yang bermakna tentang kebutuhan perusahaan dan bagaimana kamu dapat berperan dalam memenuhi kebutuhan ini.

2. Visualisasikan (kinerjamu yang paling menonjol)

Apa pun yang kamu pikirkan pasti akan muncul dalam realitasmu karena pikiran memengaruhi tidak hanya apa yang kamu lakukan tetapi bagaimana kamu melakukannya. Luangkan waktu sebelum wawancara untuk masuk ke mode di mana kamu memvisualisasikan kesuksesanmu, memvisualisasikan dirimu yang percaya diri yang lebih dari mampu untuk menaklukkan wawancara.

Baca juga: Fresh Graduate? Kuasai 5 Soft Skill Ini, Bisa Beri Keunggulan Pekerja Muda

Ambil ini sebagai contoh. Bertanya pada diri sendiri! Adakah tempat di mana kamu merasa paling percaya diri dan tenang? Mungkin di lapangan basket, mungkin di dapur, di mana saja… lalu bayangkan diri kamu di sana.

3. Ekspresikan dirimu secara otentik

Kadang-kadang selama wawancara, kita cenderung menjadi versi terbaik dari kata “bukan diri sendiri” untuk membuat kesan yang baik.

Dalam istilah awam, kita cenderung palsu. Ada banyak ketakutan, kekhawatiran, dan sebagainya dalam pemalsuan ini karena tidak nyaman untuk mengesampingkan identitas kita sendiri untuk mengadopsi fasad yang menurut kita akan membantu kita di jalan.

Mohon jangan merasa sulit untuk terbuka, berbagilah pengalaman tentang kesalahan dan / atau kekuranganmu dengan seorang profesional dan bagaimana kamu mengatasinya. Tekankan kekuatan otentikmu. Ini membantu pewawancara mengetahui bahwa mereka sebenarnya sedang mewawancarai seorang manusia.

Leave a Reply