Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

5 Tips Raih Skor Tinggi Ujian TOEFL

Topcareer.id – Sertifikat Test of English as a Foreign Language Paper Based Test atau TOEFL sering dijadikan dokumen penting untuk urusan akademik maupun karier. Malah, untuk beberapa perusahaan atau organisasi mewajibkan TOEFL untuk lolos administrasi rekrutmen kerja.

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UM Surabaya, Waode Hamsia mengatakan bahwa semakin tinggi skor TOEFL seseorang, semakin lebih bermanfaat sertifikat tersebut karena akan mempermudah saat digunakan melamar kerja atau melamar beasiswa.

Waode lantas berbagi tips agar bisa meraih skor TOEFL yang tinggi.

1. Sering nonton film berbahasa Inggris

Menurut Waode hal ini menjadi metode yang menyenangkan karena mobile friendly dan mampu meningkatkan kepekaan indera pendengaran karena terbiasa dengan bahasa asing sekaligus mendapatkan hiburan.

“Seseorang bisa memulainya dengan memahami percakapan tanpa subtitle, dengarkan percakapannya dan bagaimana mereka mengucapkan kata-kata dalam bahasa inggris. Jika ada yang tidak dipahami , segera catat dan cari artinya dalam kamus,” kata Waode dalam laman resmi UM Suarabaya, dikutip Rabu (18/1/2023).

2. Biasakan ngobrol dengan bahasa Inggris

Lebih lanjut Waode menyampaikan, hal ini akan memudahkan sekaligus menerapkan dan mengoreksi pronunciation dan aksen dari setiap kosa kata bahasa Inggris.

Selain itu, kata dia, mengobrol bahasa Inggris dengan diri sendiri atau dengan orang lain akan membangun kepercayaan diri sekaligus membangun habit positif.

Baca juga: Jangan Sampai Menyesal Soal Kerjaan, Lakukan Ini Di Usia 20-An

3. Pilih genre favorit lagu berbahasa Inggris, nyanyikan setiap hari

Waode menyebutkan, nada lagu yang menyenangkan membuat otak lebih mudah menyerap setiap kosakata bahasa asing dan mudah untuk mengingat, karena setiap lagu memiliki kekuatan lirik dan emosi personal.

“Mendengarkan musik barat atau inggris akan sangat membantu seseorang dalam memperlancar atau meningkatkan kosakata (vocabulary), selain itu langkah ini akan memperkuat listening seseorang menjadi lebih baik,” ujar dia.

4. Perbanyak referensi bacaan berbahasa Inggris

Ia menyarankan untuk membaca buku bilingual atau novel bahasa Inggris, ubah menu pengaturan hp dengan bahasa Inggris. “Agar tidak membosankan selama proses belajar, hindari novel-novel yang terlalu berat, cari genre yang disukai,” tambah Waode.

5. Pelajari serba-serbi tes TOEFL dan simulasikan

Waode menjelaskan untuk mencapai target ini seseorang perlu membuat target skor mandiri yang ingin diperoleh. Lakukan uji speaking hingga reading setiap hari.

“Belajarlah dengan konsisten setiap hari. Usahakan belajar dengan disiplin, paling tidak alokasikan waktu minimal satu jam setiap hari untuk melatih kemampuan bahasa inggris sehingga bisa lulus ujian TOEFL dengan nilai yang memuaskan,” tandas Waode.

Leave a Reply