Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Info BeasiswaTren

Siap-Siap, Program Beasiswa IISMA Mulai Pendaftaran Bulan Februari

Ilustrasi beasiswa IISMA.Ilustrasi beasiswa IISMA.

Topcareer.id – Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), program beasiswa yang memberikan kesemptan bagi mahasiswa Indonesia untuk mengikuti mobilitas internasional ke perguruan tinggi terbaik dunia, akan segera membuka pendaftarannya.

Program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini akan membuka pendaftaran mulai 8 Februari hingga 1 Maret 2023 mendatang.

“Program IISMA merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada adik-adik mahasiswa untuk merasakan atmosfer pembelajaran di berbagai kampus ternama luar negeri selama satu semester,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kiki Yuliati dikutip dari siaran pers, Jumat (27/1/2023).

Program IISMA Jalur Sarjana telah diselenggarakan sejak tahun 2021, sedangkan Jalur Vokasi baru dibuka di tahun 2022. Selain mengikuti perkuliahan dan kegiatan kemahasiswaan di perguruan tinggi penerima di luar negeri, khusus bagi peserta IISMA Jalur Vokasi, mereka juga berkesempatan bekerja dengan industri terkemuka dunia.

Mitra Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) yang bergabung pada IISMA 2023 berasal dari Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dan Australia untuk program sarjana.

Baca juga: Pendaftaran Beasiswa LPDP Sudah Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Sementara untuk program vokasi, kerja sama dilakukan dengan PTLN dari negara Amerika Serikat, Belanda, Italia, dan Perancis. Di antara deretan mitra PTLN, terdapat nama perguruan tinggi top dunia seperti Yale University, University College London, dan University of Edinburgh.

“Mahasiswa vokasi yang mengikuti program IISMA mendapat dua kesempatan emas. Bukan hanya belajar di kampus mancanegara, tetapi juga pengalaman magang di perusahaan internasional,” tambah Kiki.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Sri Gunani Partiwi, mengajak mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar, mencari pengalaman, dan mengembangkan jejaring internasional.

“Saya percaya program IISMA ini akan mengubah hidup kalian. Kalian akan memperoleh ilmu yang berharga, mengalami budaya lain serta memiliki kesempatan untuk melihat banyak perbedaan dalam kehidupan di negara lain,” ujar Sri Gunani.

Leave a Reply