Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Lima Cara Tingkatkan Soft Skill untuk Anak Kuliah

Cara memilih kampus yang tepat.Ilustrasi (Dok. LinkedIn)

Topcareer.id – Soft skills dinilai menjadi keterampilan yang kini harus semakin diasah karena berdampak pada kesuksesan seseoang di masa depan. Soft skills ini bisa dilatih sejak di bangku sekolah ataupun ketika kuliah, yang bisa ditekankan melalui berbagai program, seperti magang.

Dikutip dari e-book Manajemen Kerja oleh Wahdiyat Moko, dkk., soft skills sendiri diartikan sebagai kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, memecahkan masalah, serta menyesuaikan diri dengan perubahan saat terjadi dalam lingkungan kerja.

Melansir laman resmi Vokasi Kemendikbudristek, untuk para mahasiswa yang ingin meningkatkan soft skill bisa mengikuti lima langkah berikut ini:

1. Ikut kursus

Para mahasiswa disarankan tak hanya mengikuti kelas peningkatan hard skill saja, tapi bisa mengikuti kelas-kelas kursus, seperti pengembangan diri untuk mengembangkan soft skills kalian.

Di kelas pengembangan diri, biasanya kalian akan diberi latihan bagaimana berbicara di depan publik, berkomunikasi yang baik, presentasi, manajemen waktu, dan sebagainya.

2. Manfaatkan waktu magang

Mahasiswa vokasi tentu tidak asing dengan kegiatan magang. Magang akan memberikan pengalaman langsung tentang dunia profesional secara nyata sehingga kegiatan magang bisa menjadi kesempatan yang baik untuk meningkatkan keterampilan soft skills.

“Kalian bisa mencoba mengamati bagaimana rekan-rekan kerja kalian dalam berinteraksi dengan atasan atau klien, bernegosiasi, menyampaikan presentasi, dan sebagainya,” tulis laman Dirjen Vokasi Kemendikbudristek.

Baca juga: 7 Keterampilan Teknologi Yang Paling Dibutuhkan Untuk Freelancer (Bagian 2)

3. Ikut kegiatan sosial

Salah satu cara lainnya untuk meningkatkan soft skill, yakni dengan mencoba menjadi relawan atau volunteer pada sebuah organisasi sosial atau relawan bencana.

Kesempatan ini bisa menjadi cara untuk belajar hal baru sekaligus berkontribusi membantu masyarakat sambil mengasah berbagai soft skill, seperti beradaptasi dengan lingkungan baru, komunikasi dalam tim, dan problem solving, terlebih saat menjadi relawan di daerah bencana.

4. Aktif di organisasi kampus

Saat aktif dalam kegiatan organisasi dengan sendirinya kalian akan terlatih dalam hal mengelola waktu dengan baik, berkomunikasi, berdiskusi, menyampaikan pendapat dan sebagainya. Artinya, dengan berorganisasi kalian berkesempatan untuk melatih berbagai soft skills, seperti kepemimpinan, team work, komunikasi, bahkan critical thinking.

5. Bekerja part-time

Bukan lagi hal yang aneh jika saat ini mahasiswa melakukan kuliah sambil kerja part-time. Ternyata, bukan hanya memperoleh benefit berupa tambahan uang jajan, kerja part-time juga bisa tingkatkan kemampuan soft skill kalian.

Tidak seperti magang, bekerja part-time atau paruh waktu ini akan memberikan kalian kesempatan untuk lebih memperhatikan time management, team work, dan lain sebagainya. Akan tetapi, pastikan kerja paruh waktu ini tidak mengganggu kuliah kalian.

Leave a Reply