Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 30, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Pendaftaran Mitra MSIB 5 Resmi Dibuka, Kuota Lowongan Mahasiswa Capai 52 Ribu

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB)Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). (dok. Kemendikbudristek)

Topcareer.id – Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) kembali dibuka untuk angkatan kelima, Rabu (5/4/2023). Periode pendaftaran dan pengumpulan proposal untuk mitra dibuka pada tanggal 5 April—5 Mei 2023.

Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbudristek, Sri Gunani Partiwi mengatakan, melihat besarnya manfaat dari pelaksanaan program serta tingginya antusiasme para mitra dan mahasiswa pada angkatan pertama hingga keempat, pada tahun ini pihaknya kembali menyelenggarakan Program MSIB untuk angkatan yang kelima.

“Kami berharap lebih banyak mitra dapat bergabung pada angkatan ini karena kami akan membuka hingga lebih dari 52 ribu lowongan magang dan studi independen,” kata dia dikutip dalam laman resmi Kemendikbudristek.

Ia menerangkan, Program MSIB menjadi salah satu wujud implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pembelajaran yang bermakna di luar kampus.

Mahasiswa diajak untuk masuk ke dalam ekosistem dunia usaha dan dunia industri (DUDI), berinteraksi dengan para praktisi yang ahli di bidangnya, dan melihat langsung bagaimana dunia kerja bergerak.

“Pengalaman dan pembelajaran yang diperoleh selama mengikuti program menjadi pelengkap bagi pembelajaran serta pembentukan karakter yang diperoleh mahasiswa di kampus masing-masing,” ujarnya.

Hal ini, kata dia, diharapkan dapat membentuk mahasiswa menjadi lulusan perguruan tinggi yang tidak hanya memiliki pengetahuan yang mumpuni tetapi juga siap kerja, dalam artian memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan mampu menerapkan ilmu yang mereka peroleh.

Baca juga: Amazon PHK 100 Karyawan Di Divisi Game

Program MSIB pertama kali diluncurkan pada tahun 2021, dan hingga angkatan 4 yang sedang berjalan saat ini telah diikuti lebih dari 93 ribu mahasiswa dari 700 perguruan tinggi di bawah koordinasi Kemendikbudristek yang berasal dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Lebih dari 250 instansi, organisasi, kementerian, dan lembaga pun telah terlibat dalam pelaksanaan program, sebagai mitra magang maupun studi independen.

Selain memberikan manfaat langsung kepada para mahasiswa, program MSIB juga berperan menjembatani dunia pendidikan dengan dunia usaha dan dunia industri.

Pada kesempatan ini, Sri Gunani mengajak pimpinan serta perwakilan perusahaan, organisasi, dan instansi dari seluruh Indonesia untuk berpartisipasi pada pelaksanaan Program MSIB Angkatan 5. Hal senada disampaikan Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Beny Bandanadjaja.

“Kami berharap dunia usaha dan dunia industri yang terlibat sebagai mitra di MSIB Angkatan 5 ini semakin bertambah, apalagi pada angkatan kelima ini kuota mahasiswa yang disediakan meningkat cukup drastic,” ucap dia.

Leave a Reply