Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, June 13, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Mudik Lebaran, Kemenkes Siagakan Posko Kesehatan Hingga Ambulans Motor

Pos-Kesehatan-Mudik-Lebaran-Kemenkes. (dok. Kemenkes)Pos-Kesehatan-Mudik-Lebaran-Kemenkes. (dok. Kemenkes)

Topcareer.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyiapkan berbagai sarana dan fasilitas kesehatan untuk melayani pemudik lebaran 2023. Mulai dari fasilitas kesehatan yang sudah ada seperti Puskesmas dan Rumah Sakit serta sarana tambahan seperti posko kesehatan dan ambulans motor.

Kemenkes menyiagakan 10.374 Puskesmas dan 3 ribuan rumah sakit di seluruh Indonesia. Selain itu Kemenkes juga menyiapkan sarana fasilitas kesehatan di jalur mudik berupa 2.074 posko kesehatan dan masih akan bertambah, serta 352 unit ambulans motor Public Safety Center.

Posko kesehatan akan banyak disiapkan di rest area tol, di exit tol, dan juga di jalan arteri, di tempat-tempat ibadah seperti masjid raya, dan di tempat wisata. Penempatan posko kesehatan di jalan arteri tergantung pengaturan dari dinas kesehatan masing-masing wilayah.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Maxi Rein Rondonuwu mengatakan pelayanan yang dilakukan di masing-masing posko kesehatan itu berupa pelayanan kesehatan medik dasar. Jika pemudik harus dirujuk maka akan dilakukan evakuasi oleh ambulans yang tersedia di posko kesehatan.

“Nantinya setiap posko kesehatan akan melaporkan pendataan dari pemudik yang berkunjung supaya bisa dilihat jika ada peningkatan tren penyakit,” kata Dirjen Maxi dikutip dari siaran pers, Rabu (19/4/2023).

Ia menambahkan, petugas posko kesehatan berjaga selama 24 jam secara shifting. Ada posko kesehatan yang menjadi tanggung jawab Puskesmas itu diserahkan ke pemerintah kabupaten/kota, ada juga posko kesehatan gabungan karena wilayah kerja Puskesmas yang banyak jadi tanggung jawab langsung pemerintah kabupaten/kota.

Baca juga: Bagi Yang Mudik Pakai Mobil Listrik, PLN Siapkan SPKLU Di Jalur-Jalur Utama

Direktur Pelayanan Kesehatan Primer, dr. Yanti Herman mengatakan terkait ambulans motor, disiapkan di masing-masing kabupaten/kota terutama di jalur mudik. Ambulans motor itu diadakan karena pengalaman sebelumnya banyak pemudik yang membutuhkan pertolongan pertama kesehatan.

“Ambulans motor menjadi pilihan yang tepat untuk menjangkau pemudik di jalur mudik. Kendaraan tersebut dikemudikan oleh tenaga kesehatan agar bisa memberikan pelayanan kesehatan dan bisa memberikan pengobatan,” ujar dr. Yanti.

Dikatakan dr. Yanti, ada sejumlah langkah-langkah yang harus diperhatikan sebelum mudik, antara lain pertama pemudik harus dalam kondisi sehat. Memanfaatkan rest area yang ada, kemudian sebelum berangkat lebih baik mengetahui jalur mudik dan titik mana saja terdapat posko kesehatan.

“Manfaatkan rest area yang ada untuk istirahat, peregangan minimal 10 menit kalau perlu tidur di rest area. Kalau memang ada gejala lakukan pemeriksaan di posko kesehatan, dan diimbau untuk vaksin booster 1 dan 2,” tutur dr. Yanti.

Leave a Reply