Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Bahaya! Begini Cara Menangani Microsleep Saat Perjalanan Mudik

Topcareer.id – Memasuki periode mudik Lebaran 2023, kondisi badan harus lebih prima dari biasanya. Dan ketika dalam perjalanan, jangan sampai memaksakan diri saat kondisi tubuh tidak sedang baik-baik saja. Permasalahan yang sering muncul saat perjalanan mudik, yakni microsleep.

Apalagi ketika pengendara menempuh jalanan yang lurus dan panjang, itu bisa membuat pengendara mengalami highway hypnosis.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya, Dede Nasrullah menjelaskan, microsleep biasanya muncul ketika seseorang merasa mengantuk, sehingga tertidur secara tiba-tiba dalam waktu singkat.

Sementara gejala higway hypnosis berupa mengantuk, kehilangan konsetrasi atau kekaburan mental, pikiran linglung, waktu terasa lambat, kelopak mata berat atau sering berkedip.

Dede lantas memberikan beberapa tips berkendara untuk menangani highway hypnosis dan microsleep:

1. Komunikasi

“Pertama menjaga komunikasi, pengemudi cukup melakukan komunikasi sederhana dengan penumpung untuk menghindari rasa bosan,” kata Dede dikutip dari rilis berita di laman resmi UM Surabaya, Rabu (19/4/2023).

2. Istirahat sejenak

Ia menjelaskan, semakin lama seseorang menghabiskan waktu di jalanan dengan kondisi yang monoton, akan semakin membuat fisik dan otak lelah sehingga disarankan untuk istirahat jika sudah menyetir terlalu lama.

Baca juga: Dosen Um Surabaya Ingatkan 5 Masalah Kesehatan Yang Sering Muncul Saat Mudik

3. Minum kafein

Dede menganjurkan untuk konsumsi kafein jika mengantuk saat mengemudi. Menurutnya, kafein dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi, tetapi mungkin tidak cukup untuk membuat tubuh segar sepenuhnya. Selain kafein, pengemudi bisa memakan makanan ringan atau dengan menguyah permen untuk menghilangkan kebosanan.

4. Jangan terlalu kenyang

Ia menyarankan agar tidak makan terlalu kenyang. Usahakan jangan makan terlalu banyak ketika hendak mengemudi, makan terlalu banyak dapat menyebabkan ngantuk.

5. Jaga kewaspadaan

Lepaskan pandangan keluar mobil dengan tetap menjaga kewaspadaan, lepaskanlah pandangan keluar mobil dan cari sesuatu yang menarik perhatian supaya tidak cepat bosan dan tetap usahan untuk fokus.

6. Hindari konsumsi alkohol

Ia melanjutkan, hindari alkohol, obat-obatan, atau zat-zat lain yang dapat memengaruhi kemampuan mengemudi.

7. Tidur cukup

“Terakhir, tidur yang cukup yakni 7 – 9 jam agar kamu bisa menjalani aktivitas dengan pikiran dan badan yang segar,” pungkas Dede.

Leave a Reply