Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, July 13, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Waspada! 5 Tanda Akun Online Shop Bodong di Instagram

Topcareer.id – Berbelanja online tak hanya bisa dilakukan melalui platform e-commerce saja, tapi juga bisa lewat media sosial. Instagram, salah satu platform sosial media yang sering digunakan untuk berjualan, karena gratis berbagi foto dan video. Tapi, waspada online shop yang suka tipu-tipu.

Lewat fitur Instagram Shopping, pengguna bisa lebih mudah berbelanja barang kesukaan pengguna, seperti baju, aksesoris, sepatu, skincare, dan lain-lain. Sayangnya, masih banyak akun online shop bodong di Instagram yang tidak bertanggung jawab dan malah menipu para customernya.

Ahli IT UM Surabaya Taufiqur Rohman berbagi tips mengetahui ciri-ciri online shop bodong yang harus diwaspadai ketika berbelanja di Instagram.

1. Perhatikan konten feed Instagram

Menurut Taufiq, hal pertama adalah memperhatikan konten feed Instagram alakadarnya atau tidak. Ciri akun olshop bodong yang pertama ini paling mudah terlihat. Penipu biasanya memiliki foto profil, logo dan feed yang alakadarnya.

“Seperti contoh resolusi foto yang terlampau kecil, bahkan sampai pecah. Online shop yang real pastinya akan serius mengelola tokonya tentu akan menampilkan feed terbaik,” kata Taufiq dalam rilis berita di laman resmi UM Surabaya, dikutip Rabu (17/5/2023).

2. Jumlah follower

Taufiq menambahkan, jika total followers pada akun online shop itu puluhan ribu atau jutaan, sementara like dan komen yang dihasilkan hanya belasan orang. Tandanya akun online shop tersebut kemungkinan akun olshop bodong.

3. Nama pengguna akun sering berubah

Akun olshop bodong yang sudah biasa menipu, kata Taufiq, biasanya rutin mengganti nama akun, terutama kalau nama akun sudah diganti lebih dari tiga kali. Akun tersebut perlu diwaspadai.

Baca juga: Garuda Indonesia Beri Diskon Tiket Hingga 80%, Catat Tanggalnya

“Supaya bisa tahu pergantian nama akun online shop, customer bisa berkunjung ke profil toko, kemudian sentuh pilihan tentang akun ini. Di dalamnya tersedia pilihan nama akun sebelumnya. Dari sini, customer bisa tahu nama pengguna apa saja yang pernah toko itu gunakan,” ujar dia.

4. Profil bio berlebihan

Modus yang terlihat mencolok dalam bio akun olshop bodong adalah memberikan deskripsi atau kata-kata yang mencoba untuk menyakinkan para konsumen. Biasanya mereka akan memakai kata-kata 100% original atau melayani secara amanah, dan lain sebagainya.

5. Menonaktifkan kolom komentar

Ciri terakhir, lanjut Taufiq, menonaktifkan kolom komentar. Ciri akun olshop bodong yang lainnya adalah menonaktifkan kolom komentarnya. Alasannya karena online shop tersebut takut akan adanya komentar buruk yang ditulis oleh korban-korban sebelumnya.

Leave a Reply