Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Dukung Ibu Bekerja, Godrej Berikan Cuti Melahirkan dan Cuti Adopsi 6 Bulan

Godrej Indonesia.Godrej Indonesia.

Topcareer.id – Godrej Consumer Products Indonesia (GCPI), perusahaan penyedia perawatan rumah tangga termuka yang tergabung dalam IBCWE (Indonesia Business Coalition for Women Empowerment) dukung kesetaraan gender di tempat kerja.

GCPI menerapkan berbagai kebijakan yang menunjang kesejahteraan karyawan. Perusahaan dengan merek ternama seperti HIT, Stella, dan Mitu itu memiliki kebijakan baru, yakni karyawan diberi 6 bulan cuti melahirkan dan cuti adopsi, serta kebijakan membawa anak dan caregiver saat business trip.

Kebijakan cuti melahirkan berdasarkan Perppu Cipta Kerja pada Pasal 82 ayat (1) disebutkan jika pekerja perempuan berhak memperoleh cuti melahirkan selama 3 bulan. GCPI telah memberikan tambahan menjadi 6 bulan kepada seluruh karyawan perempuan.

Melalui kebijakan ini, karyawan perempuan memiliki kesempatan lebih lama untuk memberikan ASI ekslusif dan juga dapat menghabiskan waktu bersama anak lebih panjang. Cuti 6 bulan juga diberikan bagi karyawan yang ingin mengadopsi anak agar dapat merasakan manfaat yang sama.

Cuti tidak hanya diberikan kepada karyawan perempuan, bagi karyawan laki-laki yang baru menjadi ayah juga diberikan cuti selama 20 hari kerja.

Kebijakan berikutnya, bagi karyawan perempuan yang memiliki anak di bawah 1 tahun dan perlu melakukan perjalanan bisnis, dapat mengajak anak beserta satu orang caregiver selama melakukan business trip. Biaya perjalanan dan akomodasi anak beserta caregiver ditanggung oleh perusahaan.

Baca juga: Timnas Sepak Bola Dan Atlet Peraih Medali SEA Games Bakal Dapat Bonus Rp275 Miliar

“Populasi karyawan perempuan di GCPI cukup tinggi, yaitu sebesar 43% dari total karyawan. Kami mengapresiasi kerja keras dan kontribusi seluruh karyawan perempuan GCPI yang telah bertanggung jawab untuk mengembangkan produk berkualitas bagi masyarakat Indonesia,” kata Cicin Winedar, HR Director Godrej Consumer Products Indonesia dalam siaran pers Jumat (19/5/2023).

“Selain bekerja, para karyawan perempuan ini tentunya juga memiliki peran penting dalam keluarga sebagai seorang istri dan ibu. Oleh karena itu, GCPI berkomitmen untuk mementingkan keselamatan, kesehatan, dan well-being seluruh karyawannya,” ujar Cicin.

Direktur Eksekutif IBCWE Wita Krisanti menyampaikan bahwa pihaknya menghargai langkah-langkah perusahaan seperti Godrej yang telah menerapkan kebijakan yang melampaui apa yang telah diatur oleh pemerintah, demi menciptakan lingkungan kerja yang lebih ramah keluarga.

“Kebijakan ini sejalan dengan komitmen IBCWE dalam mempromosikan partisipasi aktif perempuan dalam sektor ekonomi melalui dukungan terhadap bisnis untuk mengoptimalkan perannya dalam memajukan kesetaraan gender di tempat kerja,” kata Wita.

Melalui kebijakan dan kegiatan yang mendukung kesetaraan gender ini, GCPI berharap untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih adil bagi setiap gender dan meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Leave a Reply