Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 2, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Wawancara Via Telepon, Perlu Berpakaian Rapi Nggak ya?

Wawancara kerja via telepon. Dok/Glassdoor

Topcareer.id – Penampilan dan cara berpakaian biasa jadi pertimbangan perekrut saat melakukan interview kerja. Tapi, bagaimana jika interview kerja dilakukan via telepon? Apakah perlu tetap menampilkan pakaian yang rapi saat wawancara via telepon?

Jika kamu ingin tampil sebagai individu yang kuat, berpengetahuan, dan percaya diri, pakaian yang kamu kenakan bisa membantu mewujudkan hal itu.

“Lemari kita adalah jendela ke dalam diri kita. Setiap dari kita mencoba untuk mengatakan atau menyembunyikan sesuatu dalam cara kita mengenakan pakaian kita,” kata Jennifer J. Baumgartner, dalam buku “You Are What You Wear: What Your Clothing Reveal About You” dikutip dari laman Ladders.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa gunakanlah pakaianmu untuk memengaruhi secara positif caramu berkomunikasi dengan mengambil kesempatan untuk menunjukkan kepada orang-orang siapa kamu dan orang seperti apa yang kamu inginkan.

Berpakaianlah untuk Pekerjaan yang Kamu Inginkan, Bukan Pekerjaan yang Kamu Miliki

Kamu mungkin pernah mendengar ini sebelumnya, tetapi ada alasan mengapa hal itu terus muncul. Bekerja keras, menghormati orang lain, dan berpakaian seolah-olah kamu adalah bosnya. Ada sesuatu yang memberdayakan tentang berdandan.

Baca juga: Tips Jawab “Kenapa Melamar Posisi Ini?” Dan Contohnya

Berpakaian dengan baik bisa mengubah sikapmu dan penelitian telah menunjukkan bahwa itu memengaruhi cara kita berpikir. Berdandanlah untuk wawancara via telepon karena itu membuat perbedaan dalam caramu berpikir dan berbicara.

Kita sering kali dapat berpikir lebih jernih dan efisien saat mengenakan pakaian kerja karena pakaian kerja membedakan kita dari lingkungan yang lebih santai dan sosial di mana orang akan mengenakan pakaian kasual.

Kamu akan Dinilai dari Penampilan, Jadi Manfaatkan Itu

Benar atau tidak, sudah menjadi sifat manusia untuk menilai orang lain berdasarkan pakaian dan penampilan mereka. Karena ini adalah fakta yang diketahui, manfaatkan apa yang kamu kenakan bisa mengesankan. Ini tidak berarti bahwa kamu perlu menghabiskan banyak uang untuk pakaian desainer, namun kamu setidaknya perlu mengenakan pakaian yang bagus dan pantas.

Jika pergi meeting, pilih celana panjang yang bahan daripada jeans. Ini adalah tombol sederhana yang akan segera membuatmu terlihat lebih profesional dan lebih berwibawa. Demikian pula, dengan mengganti sweter dengan blazer, kamu akan membuat penampilanmu lebih dihormati.

Leave a Reply