Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, May 3, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Jawab “Kenapa Melamar Posisi Ini?” dan Contohnya

Ilustrasi menjawab pertanyaan interview kerja.Ilustrasi menjawab pertanyaan interview kerja.

Topcareer.id – Bagi yang pernah atau bahkan sering melakukan interview kerja, mungkin kamu akan mendengar pertanyaan “Kenapa melamar posisi ini?” Itu jadi pertanyaan yang sering keluar saat interview kerja. Jawabannya tentu tergantung pada posisi yang kamu lamar.

Tapi, ada tips biar jawaban kamu itu aman dan bahkan bisa meloloskanmu ke tahap rekrutmen selanjutnya. Melansir Ladders, berikut tips merumuskan jawaban yang tepat untuk pertanyaan “Kenapa melamar posisi ini?”

1. Pengalaman sebelumnya dan rencana masa depan

Pengalaman dan rencanamu harus menjadi bagian besar dari jawaban untuk pertanyaan ini. Jika kamu melamar peran editorial yang lebih senior, dan kamu memiliki pengalaman sebagai asisten editorial, salah satu alasanmu mungkin melamar lowongan pekerjaan karena kamu ingin memajukan karier.

Langkah selanjutnya setelah asisten editorial adalah editor rekanan untuk banyak perusahaan, dan keinginan untuk mendorong kariermu maju dan naik untuk menantang diri sendiri serta menerapkan keterampilan baru dan yang dipraktikkan untuk bekerja adalah kualitas yang menarik bagi perusahaan.

2. Pengetahuan tentang perusahaan

Pengetahuan tentang perusahaan juga harus menjadi bagian yang layak dari tanggapanmu. Kamu dapat menemukan posisi editorial dengan sejumlah media — tetapi mengapa kamu ingin bekerja untuk perusahaan secara khusus?

Jika perusahaan berfokus pada salah satu passionmu, membanggakan pembaca yang mengesankan atau bahkan mempekerjakan seorang jurnalis yang kamu hormati, mungkin itu sebabnya perusahaan itu menarik minatmu. Kamu harus cukup tahu tentang perusahaan untuk dapat berbicara tentang mengapa lowongan pekerjaan di perusahaan itu menarik untukmu.

Baca juga: Terlihat Lebih Muda Di Resume, Emang Bisa? Simak Tipsnya

3. Pengetahuan tentang posisi kerja

Dan pengetahuanmu tentang peran spesifik yang ingin diisi oleh perusahaan juga sangat penting. Jika kamu melamar peran editorial tetapi kamu hanya memiliki pengalaman dalam desain web backend dan tidak begitu memahami apa yang dibutuhkan oleh posisi editorial, kamu tidak akan dapat menjawab pertanyaan dengan baik.

Kamu harus menyadari apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh lowongan pekerjaan — mungkin itu adalah perhatian terhadap detail, kepatuhan terhadap tenggat waktu, keterampilan menulis, pemahaman tentang suara dan audiens outlet, dll.

Contoh:

Jika kamu bekerja di bidang kreatif

“Saya sangat menghormati pekerjaan pemimpin redaksi Anda (nama orang) dan komitmen outlet untuk (berbagi suara perempuan, menyoroti lingkungan, mempromosikan inovasi teknologi, dll). Saya telah bekerja sebagai (jurnalis, desainer grafis, jurnalis foto, dll.) selama (X) tahun juga meliput (suara wanita, lingkungan, teknologi, dll.) dan saya yakin pengalaman saya akan berman faat bagi perusahaan. ”

Jika kamu bekerja di bidang sales

“Reputasi (nama perusahaan) tentu menjadi faktor. Saya akan bangga bekerja untuk perusahaan dengan (contoh statistik penjualan perusahaan) yang mengesankan di industri ini. Dan saya juga yakin bahwa pengalaman saya dalam (pengalaman penjualan) akan cocok untuk (jenis peran) karena (contoh bagaimana pengalaman Anda akan menguntungkan Anda dalam peran khusus ini).”

Leave a Reply