Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 2, 2024
redaksi@topcareer.id
Info BeasiswaTren

UGM Buka Program Wirausaha Merdeka, Mahasiswa Manapun Boleh Ikutan

Universitas Gadjah Mada (UGM)Universitas Gadjah Mada (UGM).

Topcareer.id – Universitas Gadjah Mada membuka Program Wirausaha Merdeka (WMK) yang merupakan program dari Kemedikbudristek. UGM akan menyediakan kesempatan untuk 400 mahasiswa aktif, baik mahasiswa UGM maupun mahasiswa dari perguruan tinggi lain di seluruh Indonesia.

Program impelementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Meredeka (MBKM) ini membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi kewirausahaan melalui pembelajaran di UGM dan di ekosistem dunia usaha selama satu semester penuh.

Koordinator Program Wirausaha Merdeka di UGM, Hempri Suyatna mengatakan bahwa mahasiswa yang mengikuti program ini dapat memperoleh rekognisi atau pengakuan hasil pembelajaran dalam bentuk satuan kredit semester (sks) sebanyak hingga 20 sks.

“Program Wirausaha Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan muda. Program ini bisa diikuti mahasiswa UGM maupun mahasiswa dari luar UGM, bahkan hingga mahasiswa yang berasal dari daerah 3T,” kata Hempri dikutip dari rilis berita di laman resmi UGM, Senin (3/7/2023).

Program WMK UGM dirancang dengan berbagai aktivitas kewirausahaan yang mampu mengasah jiwa kewirausahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha, serta meningkatkan daya kerja mahasiswa.

Baca juga: Kemenkes Buka 2.000 Kuota Beasiswa Dokter Spesialis, Cek Link Daftarnya

Terdapat tiga tahapan pelaksanaan program Wirausaha Merdeka yang akan dilaksanakan yaitu Pre-Immersion, Immersion, dan Post-Immersion.

Lebih lanjut Hempri menjelaskan, untuk memperkaya pembelajaran bagi para peserta, pelaksanaan Program WMK di UGM akan melibatkan lebih dari 30 mitra bisnis dan startup dari berbagai bidang kewirausahaan.

Selain itu, UGM juga mempersiapkan tenaga pengajar yang terdiri dari mentor dan coach professional untuk mengawal tercapainya luaran pembelajaran, di antaranya kemampuan mahasiswa untuk menganalisis data dan peluang wirausaha di lingkungan industri, membuat prototipe, serta membuat konsep solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat.

Pendaftaran Program WMK dibuka pada tanggal 23 Juni lalu hingga 10 Juli 2023 mendatang. Sementara pelaksanaan kegiatan sendiri akan dimulai pada bulan Agustus, hingga bulan Desember 2023. Pendaftaran bagi mahasiswa dilakukan melalui laman https://wirausahamerdeka.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id.

Berdasarkan ketentuan dari Kemendikbudristek, Program WMK dapat diikutii oleh mahasiswa aktif jenjang pendidikan D2, D3, D4, dan S1 minimal semester 3, serta mahasiswa S2 dan S3 tanpa batasan semester (tanpa konversi sks).

Saat melakukan pendaftaran, mahasiswa perlu mengunggah dokumen data diri, motivation letter, serta sejumlah dokumen lainnya sesuai dengan persyaratan Program WMK.

Leave a Reply