Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 2, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Google Lagi Eksplorasi Alat AI untuk Jurnalis, Klaim Bisa Bantu Bikin Berita

Google sedang eksplorasi alat AI untuk memudahkan kerja jurnalis.Profesi jurnalis. (dok. Shutterstock)

Topcareer.id – Google dalam tahap penjajakan untuk mempermudah kerja jurnalis dengan menggunakan alat kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) atau alat AI. Bahkan Google dalam pembicaraan dengan perusahaan media untuk menggunakan alat tersebut untuk membantu jurnalis.

Juru Bicara Google memang tidak menyebutkan nama perusahaan media apa yang akan diajak kerja sama, tetapi New York Times melaporkan bahwa Google telah mengadakan diskusi dengan Washington Post, pemilik Wall Street Journal News Corp dan bahkan New York Times, antara lain.

Alat AI ini dapat membantu jurnalis dengan pemilihan tajuk utama (headlines) atau gaya penulisan yang berbeda, misalnya, dengan cara “meningkatkan pekerjaan dan produktivitas mereka”, kata juru bicara Google, menambahkan bahwa ini adalah “tahap awal dalam mengeksplorasi ide”.

Baca juga: Kerja Remote Dan Hybrid Bakal Kembali Populer

“Sederhananya alat-alat ini tidak dimaksudkan untuk, dan tidak dapat, menggantikan peran penting yang dimiliki jurnalis dalam melaporkan, membuat, dan memeriksa fakta artikel mereka,” kata juru bicara tersebut, dikutip Reuters.

Namun, beberapa eksekutif yang melihat promosi Google menggambarkannya sebagai hal yang meresahkan, kata NYT, seraya menambahkan bahwa para eksekutif tersebut meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Berita itu muncul beberapa hari setelah Associated Press mengatakan akan bermitra dengan pemilik ChatGPT OpenAI untuk mengeksplorasi penggunaan AI generatif dalam berita.

Beberapa outlet sudah menggunakan AI generatif untuk konten mereka, tetapi publikasi berita lambat mengadopsi teknologi tersebut karena kekhawatiran tentang kecenderungannya untuk menghasilkan informasi yang salah secara factual.

Leave a Reply