Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Hari Batik, Presiden Ajak Masyarakat Tumbuhkan Kebanggaan pada Kekayaan Seni

Presiden Joko Widodo membuka pagelaran Istana Berbatik dalam rangka Hari Batik Nasional.Presiden Joko Widodo membuka pagelaran Istana Berbatik dalam rangka Hari Batik Nasional. (dok. Setpres)

Topcareer.id – Pada Minggu malam, 1 Oktober 2023, Presiden Joko Widodo didampingi Iriana Joko Widodo secara resmi membuka pagelaran Istana Berbatik dalam menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pads 2 Oktober.

Dalam rangka Hari Batik Nasional ini, Presiden mengajak masyarakat di seluruh Tanah Air untuk ikut serta melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang dimiliki Indonesia ini.

“Saya mengajak masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan kebanggaan pada kekayaan seni dan budaya Indonesia serta aktif melestarikan dan mengembangkannya,” kata Presiden dalam sambutannya.

Presiden juga mengatakan bahwa masyarakat Indonesia harus bangga memiliki batik sebagai salah satu karya seni dan warisan budaya tak benda. Menurut Presiden, batik memiliki simbol, teknik, hingga budaya yang mencerminkan Indonesia.

Baca juga: Kemenag Gelar Sayembara Desain Batik Haji Indonesia, Hadiah Rp78 Juta

“Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik yang bukan hanya sebagai karya seni biasa tetapi merupakan warisan budaya tak benda dunia dengan simbolisme, teknik, dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia,” ucap Presiden.

Dalam pagelaran Istana Berbatik kali ini, semua tamu undangan yang hadir mengenakan pakaian batik dengan beragam motif dan corak dari berbagai daerah di Tanah Air.

Peragaan busana ini melibatkan sekitar 500 peserta yang, antara lain, terdiri dari pimpinan lembaga negara, anggota Kabinet Indonesia Maju, perwakilan badan usaha milik negara (BUMN), tokoh publik, perwakilan kerajaan-kerajaan nusantara, model profesional, hingga duta besar negara-negara sahabat.

Leave a Reply